Bahan Ajar Tema 6 Subtema 4 PB 1 & 2
Hari/Tanggal : Senin, 21 Februari 2021
Kelas : 3
Tema : 6 (Energi dan Perubahan)
Subtema : 4 ( Penghematan Energi )
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar :
B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP : 3.2 Membuat karya dengan Teknik potong, lipat, dan sambung.
MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengetahui tentang menghemat energi
2. Siswa dapat berkreasi membuat karya dari seni potong dan lipat
3. Siswa dapat mengetahui luas dan volume dalam satuan tidak baku dengan menggunakan benda konkret.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Good morning my student? How are you today?
I hope we are always in the good condition.
Apersepsi
Last week, we are learn subthema 3 thema 6 and get the final test score, And today is the first time we learn in subthema 4 thema 6
Now , lets start our lesson today.... 💪
Menghemat Energi
Kalian sudah mengetahui bahwa kesediaan energi semakin berkurang. Penggunaan energi alternatif perlu dipikirkan. Energi alternatif untuk menjaga kesediaan energi. Kalian harus ikut serta menjaga kesediaan energi. Caranya dengan menghemat penggunaan energi.
Ada beberapa cara untuk menghemat energi. Cara tersebut dapat kalian lakukan. Misalkan menggunakan air dan listrik secukupnya. Berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke sekolah. Menggunakan kendaraan umum juga cara menghemat energi.
Ayo, pelajari bersama cara menghemat energi. Menghemat energi untuk menjaga kesediaannya.
Menghemat energi juga untuk menjaga lingkungan. Agar lingkungan tetap sehat.
Ayo Membaca
Menghemat Penggunaan Listrik.
Rumah Dayu sangat asri dan bersih. Banyak tanaman di halaman rumahnya. Setiap sore hari Dayu dan keluarga menyirami tanaman. Pagi hari Dayu dan keluarga membersihkan rumah. Semua jendela dibuka. Agar sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.
Pepohonan di rumah Dayu sangat subur dan rimbun. Pepohonan membuat teduh lingkungan di sekitarnya. Pepohonan membuat udara di sekitarnya bersih.
Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak. Jendela dan lubang udara berguna untuk keluar masuknya udara. Selain itu, rumah Dayu menjadi terang pada pagi dan siang hari. Sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah melalui jendela dan lubang udara.
Udara di dalam rumah selalu terjaga kebersihannya. Akhirnya lingkungan menjadi sejuk. Udara yang terjaga kebersihannya membuat lingkungan sehat.
Rumah Dayu tidak memerlukan pendingin ruangan. Dengan demikian, Dayu dan keluarga ikut menjaga ketersediaan energi. Dayu dan keluarga menghemat penggunaan energi listrik. Selain itu, biaya listrik menjadi murah.
Ayo Berlatih
Kalian telah membaca wacana di atas. Sekarang, jawablah pertanyaan berikut!
1. Sebutkan hal-hal yang dilakukan Dayu dan keluarga untuk menghemat energi!
Jawab :
a. Rumah Dayu memiliki pepohonan yang teduh
b. Jendela dan lubang udara di rumah Dayu banyak
2. Sebutkan manfaat yang diperoleh dengan menghemat energi!
Jawab:
a. kita telah membuat gerakan ramah lingkungan
b. biaya listrik jadi lebih murah
3. Mengapa menanam pohon termasuk kegiatan menghemat energi?
Jawab: ..................
Yuk untuk jawaban nomor 3 kalian bisa menjawab pada kolom komentar di bawah postingan blogger ya nak 💪
Ayo Berkreasi
Edo dan Beni akan membuat kincir angin. Alat dan bahan yang disiapkan adalah sebagai berikut.
Siapkan :
Ayo Berlatih
Kertas Beni lebih besar dari kertas Edo. Jadi keliling kertas Beni berbeda dari kertas Edo.
Akibatnya luas kertas Beni berbeda dari kertas Edo. Kalian sudah belajar cara menentukan keliling.
Dapatkah kamu menentukan luas kertas Beni dan Edo?
Perhatikan kembali cara menentukan keliling dan luas dengan menggunakan alat ukur tidak baku.
Setelah mengetahui kelilingnya kita dapat menghitung luas dengan menggunakan persegi satuan.
Tugasmu!
Kerjakanlah latihan soal berikut ini.( page 159)
Hitunglah seluruh jumlah luas pada gambar berikut.
0 Reviews:
Posting Komentar