B.Indonesia: 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP: 3.3 Mengetahui dinamika gerak tari
Matematika: 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung.
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui perubahan energi bagi kehidupan lingkungan.
2. Siswa dapat mengetahui gerak lemah kaki pada tari.
3. Siswa dapat mengetahui lama waktu dalam soal cerita.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini?
Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt amin ya rabbal alamin
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak...
Minggu kemarin kita sudah menyelesaikan penilaian harian subtema 1 , hari ini kita masuk ke subtema 2 pembelajaran 1
Silahkan simak video pembelajaran dibawah ini:
Sekarang yuk kita lanjut materi pembelajaran hari ini, semangat 💪
Energi tidak dapat diciptakan oleh manusia. Energi juga tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.
Bagaimanakah perubahan energi terjadi? Bagaimana manusia memanfaatkan perubahan energi tersebut? Ayo, kita pelajari bersama!
Ayo Membaca
Perubahan Energi
Lani sedang membantu ibu di dapur. Lani memperhatikan kompor yang sedang menyala. Lani bertanya kepada ibu, bagaimana kompor itu dapat menyala. Kompor dapat menyala karena ada bahan bakarnya. Bahan bakar yang sering digunakan untuk kompor adalah minyak tanah dan gas. Energi pada minyak tanah dan gas adalah energi kimia. Minyak tanah diserap oleh sumbu kompor. Sumbu kompor disulut api hingga menyala. Pada saat kompor menyala terjadi perubahan dari energi kimia menjadi energi panas. Saat kompor gas menyala juga terjadi perubahan energi kimia menjadi energi panas.
Perubahan energi juga terjadi di dalam tubuh. Makanan merupakan sumber energi kimia di dalam tubuh. Makanan tersebut diolah menjadi sarisari makanan. Sari-sari makanan diubah menjadi energi.
Karena energi inilah seluruh bagian tubuh dapat bekerja.
Mata, mulut, tangan, dan kaki dapat bekerja karena adanya energi. Begitu pula bagian-bagian tubuh lainnya.
(Beni makan memperoleh energi) (Makanan diolah menjadi energi)
(Energi untuk bergerak)
Ayo Menari
Selesai membantu ibu, Lani beristirahat. Lani mendengarkan musik sambil menari. Lani
mempraktikkan gerak lemah kaki pada tari. Gerakini telah diajarkan oleh Ibu Guru di sekolah.
Lani menggerakkan kakinya dengan lemah lembut.Gerakan tersebut mengikuti irama lagu Oh Ina Ni
Keke, yang temponya lambat. Ada tiga gerakan kaki yang Lani pelajari. Berikut ini urutan gerakan yang dilakukan.
Gerakan pertama
Tangan bertolak di pinggang. Kaki kanan dijulurkan ke depan menyilang ke kiri. Posisi ujung telapak kaki menghadap ke atas. Tumit menyentuh lantai. Lakukan bergantian dengan kaki kiri menyilang ke kanan.
Gerakan kedua
Kaki kanan dibuka ke samping kanan. Kaki kiri merapat sambil menekuk lutut. Badan juga dicondongkan ke kanan. Kemudian kaki kiri digerakkan ke samping kiri. Kaki kanan dirapatkan ke kiri sambil menekuk lutut. Badan dicondongkan ke kiri. Lalu kembali ke posisi semula.
Gerakan ketiga
Kaki kanan digerakkan ke samping kanan sambil kedua lutut ditekuk, badan ikut turun mengikuti gerakan lutut yang menekuk. Saat lutut ditekuk, kedua tangan diayunkan ke depan sampai batas dada. Setelah itu ganti arah gerakan ke kiri.
Saat melakukan gerakan tari dibutuhkan energi. Besar kecilnya energi yang dikeluarkan tergantung
dari kuat lemahnya suatu gerakan. Gerakan yang lemah tidak terlalu menguras energi. Tempo musik yang lambat sangat mempengaruhi kuat lemahnya gerakan tari.
Ayo Mengamati
Tidak terasa sudah satu jam Lani berlatih menari. Lani berlatih sejak pukul 12.30 dan selesai pukul 13.30. Sekarang, Lani merasa sangat lelah. Lani pun pergi ke kamar untuk istirahat tidur siang. Sampai di kamar Lani langsung membaringkan tubuh. Tidak lama kemudian, Lani pun tertidur pada pukul 14.00.
Tepat pukul 16.00 Lani terbangun. Jam dinding berbunyi. Lani segera mandi. Selesai mandi dan ganti pakaian, Lani mengulang pelajaran. Kebetulan ada pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Pukul 16.30 Lani mengerjakan PR dengan serius. Tidak terasa, jam dinding menunjukkan pukul 17.30. Pekerjaan rumah Lani telah selesai.
Setelah anak-anak membaca dan memahami kalimat di atas. Yuk kita menjawab pertanyaan pada Tugasmu berikut ini.
Tugasmu!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut sesuai cerita di atas!
1. Pukul berapa Lani selesai latihan menari di rumahnya? Tunjukkan dengan jarum jam!
2. Berapa lama Lani tidur siang? ... jam
3. Berapa lama Lani mengerjakan pekerjaan rumah? ... jam
0 Reviews:
Posting Komentar