B.Indonesia : 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan bentuk energi yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
MTK : 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
SBdP : 3.2 Membuat karya dekoratif.
Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat mengetahui informasi tentang sumber dan bentuk energi
2. Siswa dapat menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung
3. Siswa dapat membuat karya dekoratif
Apersepsi
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Good morning Sholeh Sholehah 3 C 🥰
How are you today ?
Kemarin kita sudah mengambil penilaian harian tema 6 subtema 2, hari ini kita ke pembelajaran 6 subtema 3 pembelajaran 1 dan 2 tentang energi aternatif dan membuat karya dekoratif
Sebelumnya pak Hendri ingatkan lagi untuk melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah agar hafalannya semakin lancar...
Mari kita mulai pembelajaran hari ini
Energi Alternatif
Kebutuhan manusia akan energi semakin lama semakin tinggi. Hai ini dikarenakan penduduk dunia semakin banyak. Juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat.
Perkembangan teknologi membutuhkan banyak energi. Bahan bakar minyak (BBM) adalah energi yang penggunaannya paling besar selama ini. Karena terlalu banyak digali, maka persediaannya
semakin sedikit.
Untuk mengatasi hal tersebut dicarilah berbagai energi alternatif. Tujuannya untuk menggantikan bahan bakar minyak. Marilah pelajari energi alternatif dan manfaatnya!
Ayo Membaca
Apakah energi alternatif itu?
Energi alternatif adalah sumber energi yang dapat menggantikan bahan bakar minyak (BBM). Pencarian dan penggunaan energi alternatif sebenarnya sudah lama diupayakan manusia. Namun hingga saat ini usaha belum diperoleh secara maksimal. Akan tetapi, penggunaannya semakin meningkat. Usaha ini dilakukan karena semakin sedikitnya persediaan bahan bakar minyak.
Apa sajakah yang termasuk energi alternatif? Perhatikan gambar-gambar berikut!
Pemanfaat energi surya
Pemanfaatan energi air
Pemanfaatan energi angin
Ada beberapa contoh energi alternatif. Ada energi panas matahari. Ada energi gerak angin dan energi gerak air. Energi-energi tersebut mudah diperoleh, murah, dan berlimpah.
Panas matahari, gerak air, dan gerak angin/bayu, dapat diubah menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan oleh matahari, air, dan angin inilah yang dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Energi matahari dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
Energi air dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Energi angin dimanfaatkan untuk membuat Pembangkit Listrik Tenaga Angin/Bayu (PLTB). Pembangkit listrik tenaga angin merupakan sumber energi yang sangat ramah lingkungan.
Kalian dapat memanfaatkan energi matahari, air, dan angin. Dengan energi alternatif dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Manusia tidak lagi tergantung pada bahan bakar minyak.
Angin merupakan contoh energi alternatif. Angin ada di mana-mana. Ada banyak contoh kegiatan
pemanfaatan angin. Angin dapat menggerakkan layang-layang.
Pernahkah kalian bermain layang-layang?
Bermain layang-layang biasanya dilakukan di tempat yang lapang. Tempat yang lapang membuat kita bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layang-layang.
Ayo Berkreasi!
Kalian dapat bergerak lebih leluasa. Tempat yang lapang biasanya banyak angin. Semakin banyak angin, semakin cepat terbang dan gerak layanglayang. Perhatikan jenis layang-layang berikut!
Layang-layang digambar dan diberi hiasan agar menarik. Garis digunakan untuk menghias layang-layang. Bidang juga digunakan untuk hiasan tersebut. Layang-layang tersebut memiliki warna yang berbeda. Warna, garis, dan bidang menjadi motif dalam gambar layang-layang.
Ayo Berlatih
Bermain layang-layang juga membutuhkan energi. Semakin lama bermain, semakin banyak energi
yang dibutuhkan.
Perhatikan contoh untuk menentukan waktu berikut!
1. Udin bermain layang-layang dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 16.30. Lama waktu dapat digambarkan sebagai berikut!
Lama Udin bermain layang-layang adalah 60 menit.
Ayo Membaca
Gerak Angin sebagai Energi Alternatif
Udin dan kawan-kawan sedang belajar tentang angin. Mereka berencana bermain layang-layang. Hal ini untuk mengamati manfaat angin. Merekamemilih bermain di lapangan yang luas. Bermain di lapangan luas leluasa untuk bergerak. Bermain di lapangan luas juga dapat angin yang cukup.
Angin diperlukan untuk menerbangkan layang- layang. Angin sedang sangat baik untuk bermain . layang-layang. Angin sedang artinya angin yang tidak terlalu besar. Udin dan kawan-kawan memilih bermain di sore hari. Karena angin pada siang sampai sore hari sangat cocok untuk bermain layang-layang.
Zaman dahulu angin sudah digunakan dalam kehidupan manusia. Angin digunakan untuk menggerakkan perahu layar. Angin juga digunakan untuk menggerakkan roda penggilingan padi.
Gerak angin dapat dijadikan sebagai energi alternatif. Energi alternatif adalah energi pengganti bahan bakar minyak. Gerak angin dapat diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak.
Energi angin dapat dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Angin Bayu (PLTB).Pembangkit ini mengubah gerak angin menjadi listrik menggunakan kincir angin. Kincir angin ini biasa disebut dengan turbin angin.
Angin merupakan salah satu energi alternatif yang mudah didapat dari alam. Angin juga dapat digunakan untuk menerbangkan layang-layang. Bermain layang-layang sangat menyenangkan. Bermain layang-layang menggunakan tali. Tali ditarik, layang-layang pun meliuk. Tali juga dapat digunakan untuk permainan lainnya.
Menikmati energi yang tersedia adalah hak manusia. Kewajiban manusia adalah menjaga ketersediaan energi. Hak dan kewajiban harus berjalan seimbang. Anak-anak memiliki hak untuk bermain. Kewajiban anak adalah membagi waktu bermain dan belajar dengan benar.
Memberi kesempatan kepada semua teman agar dapat ikut bermain, termasuk contoh sikap memenuhi hak. Hak dan kewajiban harus dilakukan secara seimbang.
Orangtuamu memberi izin untuk bermain bersama teman-temanmu. Semua teman mau bermain denganmu. Ini artinya kamu sudah mendapatkan hak bermain.
Untuk lebih lengkapnya bisa menonton vidio pembelajaran hari
Tugasmu!
Kamu sudah belajar tentang gambar dekoratif.
Cobalah menghias gambar layang-layang berikut! Gunakan garis, bidang, dan warna sesuai keinginanmu!
Anak-anak dapat melihat contoh gambar layang-layang pada buku Tema 6 Subtema 3 halaman 109.
Atau boleh menghias gambar layang-layang sesuai imajinasi anak-anak.
Kerjakan di buku gambar ya nak dan diberi warna sesuai imajinasi kalian. Selamat mencoba..
Besok kita akan melanjutkan pembelajaran yang ke 3 di subtema 3 tema 6. Tetap semangat Sholeh Sholehah 🤗
0 Reviews:
Posting Komentar