Hari/Tanggal : Rabu, 31 Januari 2024
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 5 ) : Pengalamanku
Subtema ( 3 ) : Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar :
- Bahasa Indonesia 3.6
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang
budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat Indonesia.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
- Matematika
3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- SBDP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak - anak.
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan benar.
- Siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
- Siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai dengan benar
- Siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan benar.
- Siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m) dengan tepat.
- Siswa dapat melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai dengan benar
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Ananda
sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita
bahas pada pertemuan sebelumnya tentang pengamalan sila keempat Pancasila. Untuk hari ini kita akan membahas tema 5 subtema 3 pb 3 yaitu tentang satuan panjang.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
Pembelajaran 3
✓ Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Meminta maaf merupakan sikap mulia dan merupakan aspek yang cukup penting dalam kehidupan. Hal ini demi menjaga kerukunan keluarga maupun pertemanan..
Permintaan maaf mendorong seseorang untuk menghormati dan menghargai orang lain sebagai manusia dan mengedepankan sikap peduli karena merasa memiliki kesalahan dengan orang tersebut dan reaksinya direpresentasikan dengan meminta maaf.
Meminta maaf merupakan sikap mulia dan merupakan aspek yang cukup penting dalam kehidupan. Hal ini demi menjaga kerukunan keluarga maupun pertemanan..
Permintaan maaf mendorong seseorang untuk menghormati dan menghargai orang lain sebagai manusia dan mengedepankan sikap peduli karena merasa memiliki kesalahan dengan orang tersebut dan reaksinya direpresentasikan dengan meminta maaf.
Contoh ungkapan / kalimat permintaan maaf
- Maafkan saya saya sudah menjatuhkan tempat minummu
- Saya mohon maaf karena terlambat masuk kelas.
- Maafkan saya saya sudah menjatuhkan tempat minummu
- Saya mohon maaf karena terlambat masuk kelas.
- Bu, maaf, aku tidak bisa membantu membereskan rumah karena aku harus belajar untuk ujian besok.
PJOK
Pohon cemara terlihat ditiup angin. Pohon cemar bergoyang ke kiri dan ke kanan. Gerakannya terlihat sangat indah. Pohon cemara yang tertiup angin. Gerakannya ke kiri dan ke kanan.
Nyanyikan lagu berikut! Bernyanyi sambil peragakan gerakan pohon cemara. Peragakan gerakan tersebut dengan pola. Polanya adalah lantai lurus dan segitiga.
PJOK
Pohon cemara terlihat ditiup angin. Pohon cemar bergoyang ke kiri dan ke kanan. Gerakannya terlihat sangat indah. Pohon cemara yang tertiup angin. Gerakannya ke kiri dan ke kanan.
Nyanyikan lagu berikut! Bernyanyi sambil peragakan gerakan pohon cemara. Peragakan gerakan tersebut dengan pola. Polanya adalah lantai lurus dan segitiga.
Matematika
Satuan panjang mengacu pada kemanasukaan yang dipilih dan diterima sebagai standar referensi untuk pengukuran panjang. Secara berurutan dari atas ke bawah, tangga satuan panjang di antaranya adalah : kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter ( m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Satuan panjang mengacu pada kemanasukaan yang dipilih dan diterima sebagai standar referensi untuk pengukuran panjang. Secara berurutan dari atas ke bawah, tangga satuan panjang di antaranya adalah : kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter ( m), desimeter (dm), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
Berikut ini salah satu alat ukur satuan panjang : "Pengaris dan Meteran"
Contoh Soal
1. Beta mempunyai tali dengan panjang 3 m. Dini mempunyai tali dengan panjang 200 cm. Bunga mempunyai tali dengan panjang 150 cm. Tali yang paling panjang dimiliki oleh …
Jawaban:
Tali Beta 3 m = 300 cm
Tali Dini 200 cm
Tali Bunga 150 cm
2. Adi memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita tersebut dipotong 70 cm. Potongan pita ini untuk menghiasi kado ulang tahun, berapa cm-kah sisa pita Adii?
Jawab :
Panjang pita yang dimiliki Ani = 1 m
= 1 × 100 cm
= 100 cm
Jadi sisa pita Adi yang tidak terpakai = 100 cm – 70 cm
= 30 cm
1. Beta mempunyai tali dengan panjang 3 m. Dini mempunyai tali dengan panjang 200 cm. Bunga mempunyai tali dengan panjang 150 cm. Tali yang paling panjang dimiliki oleh …
Jawaban:
Tali Beta 3 m = 300 cm
Tali Dini 200 cm
Tali Bunga 150 cm
2. Adi memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita tersebut dipotong 70 cm. Potongan pita ini untuk menghiasi kado ulang tahun, berapa cm-kah sisa pita Adii?
Jawab :
Panjang pita yang dimiliki Ani = 1 m
= 1 × 100 cm
= 100 cm
Jadi sisa pita Adi yang tidak terpakai = 100 cm – 70 cm
= 30 cm
✓ Evaluasi
1. Beni memiliki bambu berukuran 4 m. Beni memotong bambu sepanjang 200 cm. Berapa meter sisa bambu yang telah dipotong ?
2. Ani memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita tersebut dipotong 80 cm. Potongan pita ini untuk menghiasi kado ulang tahun. Berapa sentimeterkah sisa pita Ani ?
1. Beni memiliki bambu berukuran 4 m. Beni memotong bambu sepanjang 200 cm. Berapa meter sisa bambu yang telah dipotong ?
2. Ani memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita tersebut dipotong 80 cm. Potongan pita ini untuk menghiasi kado ulang tahun. Berapa sentimeterkah sisa pita Ani ?
✓ Kesimpulan
Dari
materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi
sebelumnya di pembelajaran yang ke 2 disimpulkan bahwa peserta didik
kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 2 peserta didik yang tidak hadir
dikarenakan sakit.✓ Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 1 Februari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 4.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar