Hari/Tanggal : Senin, 22 Januari 2024
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 5 ) : Pengalamanku
Subtema ( 2 ) : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar :
- B. Indonesia 3.6 Mencermati ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia.
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
4.6 Menyampaikan ungkapan ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”,“tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan..
- PPKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang Negara dengan sila-sila Pancasila
- Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan makna ungkapan minta tolong yang ditemukan dari teks percakapan menggunakan bahasa sendiri dengan benar.
- Dengan mengamati gambar Beni sedang naik di atas tangga dan berjinjit satu kaki, siswa dapat menjelaskan variasi gerak keseimbangan dengan benar.
- Dengan mengamati gambar yang menunjukkan contoh sila pertama Pancasila di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat
- Dengan mengamati gambar Beni sedang naik di atas tangga dan berjinjit satu kaki, siswa dapat menjelaskan variasi gerak keseimbangan dengan benar.
- Dengan mengamati gambar yang menunjukkan contoh sila pertama Pancasila di sekolah, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas pada pertemuan sebelumnya mempelajari tentang seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki dua unsur, yakni panjang dan lebar. Sedangkan seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni yang memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, serta tinggi. Lalu untuk hari ini kita akan membahasa tema 5 subtema 2 pb 2 yaitu tentang sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
Pembelajaran 2
✓ Materi Ajar
Beni dan teman-temannya melakukan gotong royong. Gotong royong ini dilakukan di sekolah. Siti menyapu halaman. Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca. Beni membantu guru memajang kaligrafi.
Tolong menolong adalah sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal itu berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya. Yukk kita simak percakapan antar bu Guru, Beni dan teman - temannya berikut ini :
Tolong menolong adalah sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal itu berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya. Yukk kita simak percakapan antar bu Guru, Beni dan teman - temannya berikut ini :
Berikut ini contoh ungkapan permintaan tolong :
- Ibu, bolehkah aku meminta tolong untuk mengajariku berhitung?
- dik, tolong rapikan mainannya.
- Kakak, tolong bantu ibu menyiapkan makanan ini.
- Tolong bersihkan papan itu ya, Lani.
- Bu Guru, tolong dijelaskan lagi materi ini karena saya belum terlalu mengerti.
- Adik, tolong kecilkan suara TV, ya.
- Budi, tolong duduk dengan tenang agar tidak mengganggu teman lain yang sedang membaca.
- Pak Guru, tolong ulangi lagi contoh gerakan menendang bola karena saya belum begitu jelas.
- Ibu, bolehkah aku meminta tolong untuk mengajariku berhitung?
- dik, tolong rapikan mainannya.
- Kakak, tolong bantu ibu menyiapkan makanan ini.
- Tolong bersihkan papan itu ya, Lani.
- Bu Guru, tolong dijelaskan lagi materi ini karena saya belum terlalu mengerti.
- Adik, tolong kecilkan suara TV, ya.
- Budi, tolong duduk dengan tenang agar tidak mengganggu teman lain yang sedang membaca.
- Pak Guru, tolong ulangi lagi contoh gerakan menendang bola karena saya belum begitu jelas.
Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas! Mintalah temanmu menjawabnya!
Berikut ini contohnya :
Pertanyaan : Apa yang sedang dilakukan Beni?
Jawaban Teman : Beni sedang memanjat untuk memajang kaligrafi di dinding ruangan kelas.
Gotong royong telah selesai dilaksanakan. Kemudian, Beni dan teman-temannya berolahraga.
Beni berjinjit dengan satu kaki.
Cobalah gerakan tersebut. Coba lakukan di halaman sekolahmu.
Gerakan kaki jinjit merupakan salah satu gerakan keseimbangan yang dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
Pertama berdiri dengan tegak.
Apabila ingin berjinjit dengan menggunakan satu kaki, maka terlebih dahulu angkat satu kaki ke atas membentuk sudut 45 derajat.
Setelah itu, rentangkan badan untuk menjaga keseimbangan.
Perlahan angkat lakukan gerakan jinjit dengan mengangkat bagian belakang kaki dengan bertumpu hanya pada bagian depan kaki atau jari-jari kaki.
Pertama berdiri dengan tegak.
Apabila ingin berjinjit dengan menggunakan satu kaki, maka terlebih dahulu angkat satu kaki ke atas membentuk sudut 45 derajat.
Setelah itu, rentangkan badan untuk menjaga keseimbangan.
Perlahan angkat lakukan gerakan jinjit dengan mengangkat bagian belakang kaki dengan bertumpu hanya pada bagian depan kaki atau jari-jari kaki.
Berjinjit merupakan aktivitas yang melibatkan jari kaki sebagai tumpuan seluruh badan. Berjinjit cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan bantuan alat sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Apabila dilakukan secara rutin, berjinjit dapat berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.
Berjinjit memiliki banyak manfaat yang bagus bagi kesehatan tubuh, diantaranya sebagai berikut :
- Melatih keseimbangan pada tubuh seseorang.
- Memperkuat pergelangan kaki.
- Dapat memberikan efek relaksasi terhadap rasa tegang atau atau otot-otot yang keseleo.
- Dapat mengencangkan serta membentuk otot paha.
- Dapat menarik otot gluteus maximus sehingga dapat mengencangkan bagian bokong, dan lain sebagainya.
- Melatih keseimbangan pada tubuh seseorang.
- Memperkuat pergelangan kaki.
- Dapat memberikan efek relaksasi terhadap rasa tegang atau atau otot-otot yang keseleo.
- Dapat mengencangkan serta membentuk otot paha.
- Dapat menarik otot gluteus maximus sehingga dapat mengencangkan bagian bokong, dan lain sebagainya.
Ketika kita ingin memajang kaligrafi kedua kaki kita agak berjinjit untuk memberi keseimbangan pada tubuh kita dan dapat memeperkuat pergekaan kaki .
Pernahkah kamu melihat kaligrafi? Kaligrafi dapat mengingatkanmu kepada Tuhan. Mengingat Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa. Berdoa merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila.
Contoh Pengamalan Pancasila Sila ke-1 :
1. Menghormati teman yang berbeda agama.
2. Menunjukkan sikap toleran kepada semua warga.
3. Selalu rukun dengan semua warga yang berbeda agama.
4. Menjalankan perintah agama masing-masing.
5. Tidak menjadikan perbedaan agama sebagai halangan untuk berteman.
Contoh Pengamalan Pancasila Sila ke-1 :
1. Menghormati teman yang berbeda agama.
2. Menunjukkan sikap toleran kepada semua warga.
3. Selalu rukun dengan semua warga yang berbeda agama.
4. Menjalankan perintah agama masing-masing.
5. Tidak menjadikan perbedaan agama sebagai halangan untuk berteman.
✓ Evaluasi
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang yang menunjukkan sila pertama Pancasila !
Berikan centang yang menunjukkan sila pertama Pancasila !
✓ Kesimpulan
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami tolong menolong adalah sikap saling membantu orang lain untuk meringankan bebannya. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal itu berarti manusia saling membutuhkan satu sama lain. Manusia secara tidak langsung juga mempunyai hubungan timbal balik dengan manusia lainnya hal itu tercermin dalam nilai nilai pancasila.
Dari
materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi
sebelumnya di pembelajaran yang ke 1 disimpulkan bahwa peserta didik
kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 2 peserta didik yang tidak hadir
dikarenakan sakit.
✓ Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 23 Januari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 3.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar