Hari/Tanggal : Senin, 15 Januari 2024
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 5 ) : Pengalamanku
Subtema ( 1 ) : Pengalamanku di Rumah
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar :
- (4.6 Bahasa Indonesia)
Menyampaikan ungkapan- ungkapan santun (menggunakan kata “maaf”, “tolong”) untuk hidup rukun dalam kemajemukan.
- (4.6 Matematika )
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- (3.2 SBDP)
Memahami pola irama.
- (4.6 Matematika )
Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
- (3.2 SBDP)
Memahami pola irama.
Tujuan Pembelajaran :
-
Dengan menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
- Dengam menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.
- Dengam menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar.
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Ananda sholeh sholehah, masih ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas di pertemuan sebelumnya yaitu pada tema 5 subtema 1 pb 2 tentang Gerak dasar bertumpu merupakan salah satu gerak dominan dalam aktivitas senam lantai. Selain gerak dasar bertumpu, ada 8 gerak dominan dalam senam lantai, yakni bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat. Gerakan bertumpu ditentukan oleh unsur kekuatan.
Hari sudah malam. Beni sedang bermain piano. Beni bermain di dekat kakaknya.
Beni memainkan lagu “Burung Tantina”.
Apakah kamu mengenal lagu “ Burung Tantina?”
Apakah kamu pernah menyanyikannya? Jika belum, perhatikan lagu berikut! Ayo, nyanyikan “Burung
Tantina” bersama. Perhatikan tekanan kuat dan lemah. Juga panjang dan pendek bunyi lagunya.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
Pembelajaran 3
✓ Materi Ajar
Hari sudah malam. Beni sedang bermain piano. Beni bermain di dekat kakaknya.
Beni memainkan lagu “Burung Tantina”.
Apakah kamu mengenal lagu “ Burung Tantina?”
Apakah kamu pernah menyanyikannya? Jika belum, perhatikan lagu berikut! Ayo, nyanyikan “Burung
Tantina” bersama. Perhatikan tekanan kuat dan lemah. Juga panjang dan pendek bunyi lagunya.
Amati teks lagu “Burung Tantina”! Tentukan tekanan kuat dan lemahnya! Tuliskan kosakata untuk tekanan kuat dan lemahnya!
Tuliskan kosakata untuk bunyi panjang dan pendeknya! yaitu sebgai berikut:
1. Tekanan kuat = tantina – panah – bukan – datang
2. Tekanan lemah = sio – mati – sakitnya – khabarnya
3. Bunyi panjang = tantina – burung – sakitnya – bukan – dipanah – nirwana – penyakit – Sri Rama – khabarnya
4. Bunyi pendek = sakit – dari
Beni bermain pianonya hebat. Beni bermain di dekat kakaknya. Kakak Beni sedang belajar. Kakak Beni merasa terganggu. Apa kata Beni kepada kakaknya?
Tuliskan kosakata untuk bunyi panjang dan pendeknya! yaitu sebgai berikut:
1. Tekanan kuat = tantina – panah – bukan – datang
2. Tekanan lemah = sio – mati – sakitnya – khabarnya
3. Bunyi panjang = tantina – burung – sakitnya – bukan – dipanah – nirwana – penyakit – Sri Rama – khabarnya
4. Bunyi pendek = sakit – dari
Beni bermain pianonya hebat. Beni bermain di dekat kakaknya. Kakak Beni sedang belajar. Kakak Beni merasa terganggu. Apa kata Beni kepada kakaknya?
Beni bermain pianonya hebat. Beni bermain di dekat kakaknya. Kakak Beni sedang belajar. Kakak Beni merasa terganggu. Apa kata Beni kepada kakaknya?
Pernahkah kamu melakukan kesalahan? Kepada siapa kamu melakukan kesalahan? Bagaimana cara meminta maaf? Coba tuliskan permintaan maafmu!
Jawab:
Maaf Pak, saya terlambat datang ke sekolah karena harus merawat ibu saya yang sakit.
Kemudian, Beni membuat PR. Beni ditugaskan mengukur benda. Benda tersebut tidak dapat diukur dengan satu penggaris. Beni mengukur benda lebih panjang dari penggaris.
Jawab:
Maaf Pak, saya terlambat datang ke sekolah karena harus merawat ibu saya yang sakit.
Kemudian, Beni membuat PR. Beni ditugaskan mengukur benda. Benda tersebut tidak dapat diukur dengan satu penggaris. Beni mengukur benda lebih panjang dari penggaris.
Sebutkan benda yang diukur panjangnya!
Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda.
Sebutkan alat ukur panjang lainnya!
Beni mengukur panjang piano. Beni menggunakan penggaris lebih dari satu kali.
Beni juga dapat menggunakan meteran.
Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris.
Perhatikan gambar berikut!
Berikan ceklis untuk benda yang diukur dengan meteran!
Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda.
Sebutkan alat ukur panjang lainnya!
Beni mengukur panjang piano. Beni menggunakan penggaris lebih dari satu kali.
Beni juga dapat menggunakan meteran.
Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris.
Perhatikan gambar berikut!
Berikan ceklis untuk benda yang diukur dengan meteran!
Meteran untuk mengukur panjang benda. Meteran juga untuk mengukur jarak. Jarak antara dua benda.,
Ayo Membaca!
Ayo Membaca!
Amatilah percakapan berikut!
Beni: Kak, Beni mau bertanya. Bagaimana cara menggunakan meteran?
Kakak: Ya, tanya tentang apa? Caranya sama dengan menggunakan penggaris. Mulailah dari angka 0. Di mana 100 cm sama dengan 1 meter. Meter biasa ditulis m saja.
Beni: Oh, setiap garis pada meteran sama dengan di penggaris.
Kakak: Ya, benar. Garis itu yang digunakan mengukur panjang benda. Coba perhatikan, 1 m = 100 cm.
Ayo Berlatih!
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut! Jawaban:
1. … dan … merupakan alat ukur untuk mengukur panjang.
2. …. = 300 cm
3. …. = 400 cm
4. …. = 500 cm
5. … = 600 cm
Beni: Kak, Beni mau bertanya. Bagaimana cara menggunakan meteran?
Kakak: Ya, tanya tentang apa? Caranya sama dengan menggunakan penggaris. Mulailah dari angka 0. Di mana 100 cm sama dengan 1 meter. Meter biasa ditulis m saja.
Beni: Oh, setiap garis pada meteran sama dengan di penggaris.
Kakak: Ya, benar. Garis itu yang digunakan mengukur panjang benda. Coba perhatikan, 1 m = 100 cm.
Ayo Berlatih!
Perhatikan percakapan di atas! Percakapan antara Beni dengan kakaknya.
1 m = 100 cm atau 100 cm = 1 m
Coba isi titik-titik berikut! Jawaban:
1. … dan … merupakan alat ukur untuk mengukur panjang.
2. …. = 300 cm
3. …. = 400 cm
4. …. = 500 cm
5. … = 600 cm
✓ Evaluasi
1. 100 cm = .....m
2. 500 cm=......m
3. 400 cm =....m
4. 6 m = ...... cm
5. 7 m = .....cm
2. 500 cm=......m
3. 400 cm =....m
4. 6 m = ...... cm
5. 7 m = .....cm
✓ Kesimpulan
Dari
materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi
sebelumnya di pembelajaran yang ke 2 disimpulkan bahwa peserta didik
kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 4 peserta didik yang tidak hadir
dikarenakan sakit dan ijin.
✓ Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaraan besok 16 Januari 2024 kita akan mempelajari Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 4.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar