Hari/Tanggal : Selasa, 10 Oktober 2023
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 3 ) : Tugasku sehari - hari
Subtema ( 1 ) : Tugasku sehari - hari di rumah
Pembelajaran : 6
KD : Matematika (4.5), B. Indonesia (3.3), SBDP (3.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
2. Peserta didik mampu menemukan makna kosakata berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah.
3. Peserta didik mampu memahami panjang dan pendek bunyi
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang kerja sama adalah suatu usaha bersama antara individu atau kelompok sosial untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama dilakukan sejak manusia berinteraksi dengan sesamanya.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 6 tentang menentukan nilai pecahan uang yang sesuai dengan daftar harga.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
✓ Materi Ajar
Berkumpul Bersama Keluarga
Pada hari Minggu, Siti berkumpul bersama keluarga.
Ayah dan ibu bercerita tentang masa kecilnya.
Ayah menceritakan masa kecilnya.
Waktu kecil, ayah tinggal di desa bersama kakek
dan nenek. Desa ayah terletak di lereng gunung.
Di sekitar rumah kakek terdapat sawah yang luas.
Kakek memiliki sawah yang luas.
Ayah sering membantu kakek pergi ke sawah.
Menanam sayur, jagung, dan padi.
Sawah kakek sangat subur.
Setelah kita mendengarkan isi teks cerita tersebut, Ayo Berlatih.
Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini!
1. Desa : Di desa saya terdapat banyak tanaman padi
2. Petani : Petani padi di desa saya banyak yang menggunakan pupuk organik
3. Padi : Padi tumbuh subur di lingkungan sekitar rumahku
4. Menanam : Setiap musim hujan, ayam saya menanam tanaman sayuran di pekarangan rumah.
5. Sawah : Di sekitar rumah saya banyak sawah
Hasil pertanian dari desa bermacam-macam. Sayur-sayuran berasal dari desa. Buah-buahan juga berasal dari desa. Kita dapat membeli sayur dan buah dengan berbagai pecahan uang.
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Objek tukar dapat berupa benda atau jasa yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa
1 ikat kacang panjang Rp500,00
1 kg tomat Rp2.000,00
1 sisir pisang Rp5.000,00
1 ikat bayam Rp1.000,00
Berbelanja adalah aktivitas yang dilakukan semua individu, individu ketika berbelanja disebut sebagai konsumen, yaitu seseorang yang melakukan beberapa aktivitas seperti pembelian, penggunaan barang, jasa, dan mengevaluasinya . Pada dasarnya konsumen memiliki minat dan kebutuhan yang bermacam-macam
Hasil pertanian dari desa bermacam-macam.
Sayur-sayuran berasal dari desa.
Buah-buahan juga berasal dari desa.
Kita dapat membeli sayur dan buah
dengan berbagai pecahan uang.
Ayah juga menceritakan tentang suasana desa. Di desa udaranya sejuk dan pemandangannya sangat indah.
Menyanyikan lagu “Desaku” dapat diiringi dengan musik buatan.
Kerja Sama dengan Orang Tua : Nyanyikan lagu “Desaku” bersama keluargamu! Buatlah musik berbirama tiga untuk mengiringinya!
✓ Evaluasi
1.
Uang koin di atas adalah uang ….
a. Sepuluh ribu rupiah
b. Seratus rupiah
c. Seribu rupiah
2.
Gambar di atas adalah uang yang bernilai ….
a. Rp. 2.000,00
b. Rp. 20.000,00
c. Rp. 20.000,00
3. Rina memiliki uang dua ribu rupiah
Santi memiliki uang lima ribu rupiah
Jadi uang milik Rina adalah ….. dari uang milik Santi.
a. Sama dengan
b. Lebih besar
c. Lebih kecil
4. Ayah membagi tugas kepada anak-anaknya dengan baik. Hal itu termasuk contoh sikap yang ….
a. Adil
b. Rajin
c. Dermawan
5. Jika beri tugas oleh orang tua di rumah harus ….
a. Dilupakan
b. Dikerjakan
c. Ditinggalkan
✓ Kesimpulan
Berbelanja adalah aktivitas yang dilakukan semua individu, individu ketika berbelanja disebut sebagai konsumen, yaitu seseorang yang melakukan beberapa aktivitas seperti pembelian, penggunaan barang, jasa, dan mengevaluasinya.
Dari pertemuan sebelumnya di tema 3 subtema 1 pembelajaran 5 dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A sejumlah 20 sudah memahami materi tentang berbelanja.
✓ Penutup
Pertemuan berikutnya kita akan masuk materi tema 3 subtema 2 pembelajaran 1.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun Sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar