Hari/Tanggal : Senin, 02 Oktober 2023
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 2 ) : Bermain Di Lingkunganku
Subtema ( 4 ) : Bermain Di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6
KD : Matematika (4.4), B. Indonesia (3.2), SBDP (4.4)
Tujuan Pembelajaran :
1. Peserta didik mampu memecahkan masalah sehari-hari dengan melibatkan perkalian dan pembagian dalam isi teks cerita.
2. Peserta didik dapat menemukan kosakata berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam teks pendek dengan berbagai hal yang harus dilakukan sehari-hari yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
3. Peserta didik dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentu permainan domba serigala dengan disiplin.
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Alhamdulillah dipertemuan yang sebelumnya kita sudah mempelajari materi tentang estafet bola dan peraturan nya.
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 6 tentang berwisata ke kebun binatang.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
✓ Materi Ajar
Kebun binatang adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik. Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah. Binatang yang dipelihara di kebun binatang sebagian besar adalah hewan yang hidup di darat, sedangkan satwa air dipelihara di akuarium. Kebun binatang yang memungkinkan pengunjung masuk dengan mobil atau bus disebut taman safari. Binatang dilepas di kawasan luas dan terbuka, serta tidak dikurung di kandang-kandang sempit, melainkan dibatasi dengan pagar atau parit. Kebun binatang sering dilengkapi dengan kebun binatang anak untuk mempertontonkan hewan ternak atau spesies satwa liar yang belum dewasa dan jinak untuk dipegang-pegang atau diberi makan, termasuk oleh anak-anak.
Kunjungan terakhir menuju kebun binatang. Beni bersama teman sekelasnya membeli tiket. Ia ikut antrean yang panjang. Beni ingin menunggangi gajah.
Ayo Membaca!
Bacalah teks bacaan berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Menunggangi Gajah
Di Kebun Binatang Ragunan, Beni ingin menunggangi gajah. Ia bersama guru dan teman lainnya membayar sewa naik gajah. Mereka dipandu oleh pemandu di kebun binatang, khususnya yang bertugas mengurus gajah.
Beni berhati-hati menaiki gajah. Langkah menaiki gajah, yaitu: siapkan gajah dalam posisi kaki menekuk. Gajah akan menekukkan kakinya setelah mendengarkan aba-aba dari pemandu. Pemandu pertama kali menaiki gajah. Penumpangnya akan dibantu menaiki gajah oleh pemandu lainnya. Setelah kaki gajah ditekuk, penumpang langsung menaikinya.
Gajah akan berdiri setelah diberi aba-aba oleh pemandu. Caranya dengan menepuk kaki pemandu itu sendiri ke badan gajah. Gajah mengangkat kakinya, tanpa merundukkan badan. Setelah berdiri, pemandu kembali menepuk kakinya dan gajah mulai berjalan. Saat berjalan, akan terasa sedikit oleng. Tetapi lama-kelamaan akan terbiasa.
Setelah kita menyimak cerita diatasa sekarang ayo kita bantu beni menyelesaikan soal cerita berikut ini!
* Beni, coba lihat! Di kebun binatang ada berbagai jenis hewan. Banyaknya kijang di kebun binatang 48 ekor. Kandang kijang ada 4. Setiap kandang berisi kijang yang sama banyak. Berapa banyak kijang di setiap kandang?
Jawab:
Banyak kijang di setiap kandang dapat diketahui dengan membagi bilangan 48 dengan bilangan 4, yaitu 48 : 4 = 12. Jadi, dapat diketahui bahwa banyak kijang di setiap kandang adalah 12 ekor.
✓ Evaluasi
Berikut adalah data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah petugas kebun binatang untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 = 2 : 2 = 1
2. 45 : 3 : 5 = …
3. 33 : 11 : 3 = …
4. 42 : 3 : 7 = …
5. 54 : 3 : 6 = …
✓ Kesimpulan
Dalam berwisata ke kebun binatang kita dapat banyak belajar tentang bahwasanya Kebun binatang adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan, dan dipertunjukkan kepada publik. Selain sebagai tempat rekreasi, kebun binatang berfungsi sebagai tempat pendidikan, riset, dan tempat konservasi untuk satwa terancam punah. Binatang yang dipelihara di kebun binatang sebagian besar adalah hewan yang hidup di darat, sedangkan satwa air dipelihara di akuarium. Kebun binatang yang memungkinkan pengunjung masuk dengan mobil atau bus disebut taman safari.disana kita dapat belajar sambil bermain.
✓ Penutup
Besok kita akan masuk materi tema 3 subtema 1 pembelajaran 1.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun Sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar