Date and time : Wednesday, 09 August 2023
Class : 2 A
School : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 1 ) : Hidup Rukun
Subtema ( 3 ) : Hidup Rukun Di Sekolah
Learning : 2
KD : B.I (3.1) SBdP (3.1)
Learning Objectives :
1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, peserta didik dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
2. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri, alat bahan karya gambar imajinatif dengan tepat serta mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Dipertemuan sebelumnya yaitu di materi pembelajaran yang ke 1 ananda sholeh sholehah sudah mempelajari materi tentang penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan benar, mampu melengkapi kalimat perintah dengan benar. Dipertemuan yang ke 2 di subtema 3 ini ananda sholeh sholehah akan mempelajari materi tentang menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dan mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan tepat.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha prayer then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
Learning Videos 2
Summary
Muatan B.Indonesia (3.1)
Menyebutkan Kalimat Perintah dalam Teks Percakapan
Kalimat perintah isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu.
Ciri-ciri kalimat perintah :
Menggunakan akhiran "lah"/"kan"
akhir kalimat menggunakan tanda seru (!)
Kalimat perintah harus diucapkan dengan sopan.
Kalimat perintah yang ada dalam percakapan antara Ibu dan Udin :
Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din!
Bawalah tempat bekalmu kembali, ya!
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan teman di sekolah dan membawa kembali tempat bekalnya, kalimat tersebut juga diakhiri tanda seru (!) dan memakai akhiran "lah" yaitu kata "bagilah" dan "bawalah".
Contoh Kalimat Perintah Lainnya :
1. Tolong matikan kran air itu!
2. Jangan membuat ribut, anak-anak!
3. Buang sampah itu!
4. Masukkan barang-barang ini ke dalam bagasi mobil!
Muatan SBdP (3.1)
Menggambar Imajinatif
Gambar dibuat dengan coretan alat tulis pada media gambar. Media gambar dapat berupa kertas, daun, kain, atau papan. Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna.
Menggambar dapat dilakukan dengan mengamati objek secara langsung atau membayangkannya.
Menggambar dengan cara membayangkan atau mengkhayal disebut menggambar imajinatif.
Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna :
Perbedaan hasil mewarnai dengan krayon, pensil warna dan spidol warna :
Krayon : Warna yang dihasilkan tebal, kertas mudah kotor, sulit dihapus, warna yang dihasilkan bagus, teksturnya kasar.
Pensil warna : Warna yang dihasilkan halus, kertas tidak mudah kotor, mudah dihapus, tekstur halus, saat mewarnai disa terlihat putih-putih karena tidak tebal.
Spidol warna : Warna yang dihasilkan tebal, kertas tidak mudah kotor, warna pada kertas bisa tembus, tekstur halus terkadang kasar.
Evaluation
6. Berikut ini yang termasuk kalimat perintah adalah ….
a. Bu guru memerintah Budi untuk piket kelas.
b. Perintah Pak Lurah harus segera dilaksanakan.
c. Ambilkan penggaris itu !
7. Sebutkan 3 contoh hidup rukun di sekolah !
8. Buatlah kalimat perintah dengan kata berikut !
a. tutuplah
b. makanlah
9. Sebutkan 3 alat untuk mewarnai gambar !
10. ………. lantai kelas mu dengan sapu ini !
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat perintah di atas adalah ….
Conclusion
Ciri-ciri kalimat perintah :
Menggunakan akhiran "lah"/"kan"
akhir kalimat menggunakan tanda seru (!)
Menggambar dapat dilakukan dengan mengamati objek secara langsung atau membayangkannya.
Menggambar dengan cara membayangkan atau mengkhayal disebut menggambar imajinatif.
Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna
Selamat mengerjakan anak sholeh dan sholehah 😍
Jika masih ada materi atau soal yang masih belum jelas tanyakan lagi dengan pak Hendri ya ananda sholeh sholehah 🤗
Besok kita masuk materi subtema 3 pembelajaran 3 tentang ungkapan dan arti ungkapan dalam teks lagu, membedakan panjang pendek bunyi pada lagu, bilangan yang bersesuaian dengan objek.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah pak Hendri 🤗
👉👉👉👉 Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun Sunnah serta muroja'ah nya
👉👉👉 And selalu menjaga kesehatan
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar