2. Tujuan Pembelajaran :
¡ Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi perjuangan dalam mempertahakan kemerdekaan dengan penuh kepedulian.
¡ Dengan bernyanyi lagu “Maju Tak Gentar”, siswa dapat menyanyikan lagu dengan memperhatikan ketepatan nada dan tempo dengan penuh percaya diri.
¡ Dengan melakukan percobaan, siswa dapat mengetahui perubahan wujud benda yang dipengaruhi oleh kalor atau panas dengan tanggung jawab.
3. Materi Ajar
Bahasa Indonesia (KD 3. 5, 4. 5)
Mempresentasikan Informasi Penting Teks Narasi sejarah
Mempresentasikan informasi penting dari teks narasi sejarah berarti meyampaikan kembali keseluruhan informasi yang disajikan menggunakan bahasamu sendiri.
Menentukan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah
Untuk menentukan informasi penting yang disajikan dalam teks, dapat mengelompokkan setiap informasi menggunakan kata tanya 5 W 1 H. setelah itu dapat diuraikan dengan peta pikiran.
Perjuangan secara diplomasi juga dilakukan dari perundingan satu ke perundingan yang lain.
1. Perundingan Linggarjati
Diadakan pada tanggal 10 November 1946 di Linggarjati, Cirebon, Jawa Barat. Dalam perundingan ini, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir dan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhon. Hasil perjanjian ini sebagai berikut.
· ~ Belanda hanya mengakui kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa, Madura, dan Sumatra.
· ~ Negara Indonesia Serikat terdiri dari Negara Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, dan Negara Kalimantan.
· ~ Negara Indonesia Serikat dan Belanda merupakan satu uni dengan nama Uni Indonesia-Belanda yang diketuai Belanda. Namun, Belanda mengingkari perjanjian ini dan melancarkan Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947.
2. Perjanjian Renville
Perjanjian Renville diadakan pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal USS Renville milik Amerika Serikat. Isi perjanjian ini sebagai berikut.
~Belanda hanya mengakui daerah Republik Indonesia atas Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Barat, dan Sumatra.
~Semua pasukan RI harus ditarik mundur dari wilayah-wilayah yang diduduki Belanda.
~Belanda tetap berdaulat di seluruh wilayah Indonesia sampai diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS) yang akan segera dibentuk. Namun, Belanda lagi-lagi mengingkari isi Perjanjian Renville dan melakukan Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1949.
3. Perjanjian Roem Royen
Diadakan pada tanggal 17 April 1949 di Jakarta. Indonesia diwakili oleh Moh. Roem dan Belanda diwakili oleh Van Royen. Isi perjanjian ini sebagai berikut.
· Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
· Menghentikan gerakan militer dan mengembalikan tawanan.
· Republik Indonesia sebagai bagian dari Negara Indonesia Serikat.
· Akan segera dilaksanakan Konferensi Meja Bundar.
Menentukan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah
Untuk menentukan informasi penting yang disajikan dalam teks, dapat mengelompokkan setiap informasi menggunakan kata tanya 5W1H. setelah itu dapat diuraikan dengan peta pikiran.
IPA (KD 3.7 , 4. 7)
Faktor yang Memengaruhi Perubahan wujud Benda
Pelepasan atau penyerapan kalor dapat mengubah wujud benda. Keduanya dapat terjadi dalam satu proses sekaligus, misalnya dalam pembuatan minyak wangi dari bunga.
Kalor mengubah wujud benda melalui peristiwa penguapan.Penguapan adalah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas melalui penyerapan kalor.Pernahkah kamu mengamati ketika merebus air sampai mendidih? Apakah yang keluar dari cerek? Dari mulut cerek, keluar asap putih. Asap putih tersebut adalah air yang terkena panas berubah menjadi uap air.
Contoh lain perubahan wujud karena penguapan sebagai berikut.
1. Bensin dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan habis.
2. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka dalam waktu lama akanberkurang isinya.
3. Baju basah akan kering ketika dijemur di bawah panas matahari.
SBdP (KD 3.3, 4. 3)
Pola Lantai
Pola lantai adalah pola denah yang dilakukan oleh seoarang penari dengan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi dalam sebuah ruang (space) untuk menari.Pola lantai ini sebenarnya merupakan teknik blocking (penguasaan panggung) seoarang penari.Pola lantai berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak.Dalam sebuah tarian (terutama tari kelompok), pola lantai perlu diperhatikan. Ada beberapa macam pola lantai pada tarian, antara lain
:
1. Pola lantai vertikal
Pola lantai vertikal (lurus): Pada pola lantai ini, penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik. Pola lantai ini menampilkan kesan sederhana tapi kuat.
2. Pola lantai diagonal
Pola lantai diagonal : Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.
3. Pola lantai garis melengkung
Pola lantai garis melengkung. Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari rakyat dan tari tradisi, memberi kesan lemah dan lembut. Beberapa pola lantai melengkung antara lain melingkar, lengkung ular dan angka delapan.
4. Contoh soal
Sebutkan macam-macam pola lantai?
1. Pola lantai lurus
2. Pola lantai melengkung
5. Evaluasi
1. Menyampaikan kembali keseluruhan informasi yang disajikan menggunakan bahasa sendiri adalah cara….
a.menuliskan Kesimpulan Teks
b.mengelompokkan informasi teks
c.menentukan informasi penting dalam teks
d. mempresentasikan informasi penting dalam teks
2. Secara umum, mengetahui adanya kalor yang dimiliki oleh benda dapat dilakukan dengan cara mengukur….
a. Suhu benda
b. Bentuk benda
c. Keadaan benda
d. Memegang benda
3. Di bawah ini merupakan salah satu contoh perubahan wujud karena penguapan adalah….
a. lilin yang dipanaskan.
b. memanaskan mentega.
c. Logam yang dipanaskan pada suhu tinggi.
d. Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka.
4.. Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dibacakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 diketik oleh…. *
a. Soekarno
b. Moh. Hatta
c. Sayuti melik
d. Ahmad Soebarjo
5. Perjanjian Renville diadakan pada tanggal…. *
a. 17 April 1949
b. 17 Januari 1948
c. 9 Desember 1949
d. 10 November 1946
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami faktor-faktor yang mempengaruhi wujud benda, besok kita akan belajar tema 7 subtema 2 pembelajaran 6, apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan ke ibu/bapak guru ya..
Wassalamualaikum.wr.wb.
0 Reviews:
Posting Komentar