Hari/Tanggal : Jum'at, 26 Juli 2024
Fase/Kelas : A/2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Mata Pelajaran : P5
Capaian Pembelajaran :
P5 :- Pada
fase A ini, dimana rentang usia anak berkisar 6-8 tahun merupakan fase
anak berpikir operasional konkrit. Makanan merupakan hal terdekat yang
ada dalam kehidupan anak-anak. Melalui makanan tradisional anak-anak
diperkenalkan dengan budaya asli dari daerah mereka tinggal
Tujuan Pembelajaran :
P5 :-
Pada tema “kearifan lokal” dengan mengacu pada dimensi Profil Pelajar
Pancasila. Projek “Makananku, Budayaku” ini disusun dengan tujuan
menguatkan profil pelajar pancasila melalui pemahaman nilai kearifan
lokal pada makanan tradisional.
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Ananda
sholeh sholehah kamis kemarin kita sudah mempelajari bilangan angka ratusan dan P5 dan hari ini kita akan belajar tentang P5 (makanan tradisional).
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material
✓ Learning Videos
P5 (Makanan Tradisional)
✓ Materi Ajar
P5
Setiap
daerah di Indonesia memiliki kekayaan budaya masing-masing. Kebudayaan
ini berpengaruh pada pola hidup masyarakat di daerah tersebut. Hal ini
tergambar dari banyaknya ragam makanan tradisional yang tersebar di
seluruh penjuru negeri. Selain kebudayaan, letak geografis suatu daerah
pun menentukan makanan tradisional yang ada pada daerah tersebut. Hasil
kekayaan bumi pada suatu daerah bisa menjadi bahan utama yang digunakan
dalam pembuatan makanan tradisional.
Sekolah
merupakan lingkungan belajar untuk anak. Oleh karenanya, pengenalan
makanan tradisional pada kegiatan projek di lingkungan sekolah akan
terasa lebih bermakna. Kearifan lokal yang mulai lambat laun terlupakan,
bisa dikenalkan kembali pada anak-anak melalui pemaknaan nilai dalam
makanan tradisional.
Guru
memulai projek dengan menanyakan makanan yang sering dikonsumsi siswa
menggunakan beberapa pertanyaan pemantik seperti berikut :
a. Apa makanan yang paling kamu suka?
b. Kenapa kamu menyukai makanan tersebut?
c. Dimana kamu biasanya menemukan makanan tersebut?
a. Apa makanan yang paling kamu suka?
b. Kenapa kamu menyukai makanan tersebut?
c. Dimana kamu biasanya menemukan makanan tersebut?
Dari
hasil diskusi, guru menuliskan 5 makanan terbanyak yang disebutkan oleh
peserta didik di papan tulis dan meminta peserta didik untuk
menuliskannya pada kolom makanan kesukaan.
Guru
menjelaskan cara pengisian tabel. Guru meminta peserta didik untuk
bertanya kepada teman sekelasnya mengenai makanan kesukaan (sesuai
dengan 5 pilihan yang tersedia) dan menuliskannya pada tabel yang telah
disiapkan. Pengisian tabel menggunakan turus. 1 turus mewakili 1 peserta
didik.
Contoh tabel data makanan kesukaan :
Jumlah peserta didik :
Contoh tabel data makanan kesukaan :
Jumlah peserta didik :
No |
Makanan Kesukaan |
Jumlah anak |
1. |
Makanan A |
llll l |
2. |
Makanan B |
llll llll ll |
3. |
Makanan C |
Ll |
4. |
Makanan D |
Llll |
5. |
Makanan E |
Lll |
✓ Kesimpulan
Pengenalan
makanan tradisional pada kegiatan projek di lingkungan sekolah akan
terasa lebih bermakna. Kearifan lokal yang mulai lambat laun terlupakan,
bisa dikenalkan kembali pada anak-anak melalui pemaknaan nilai dalam
makanan tradisional.
✓ Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami sserta selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaran besok kita akan mempelajari PKN, B. Indo, MTK.
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami sserta selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaran besok kita akan mempelajari PKN, B. Indo, MTK.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar