Hari/Tanggal : Rabu, 22 November 2023
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 4 ) : Hidup Bersih dan Sehat
Subtema ( 4 ) : Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum
Pembelajaran : 1 - 3
Kompetensi Dasar :
- (PPKN 3.4) Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.- (Matematika 4.9)
Mengidentifikasi ruas garis dengan menggunakan bangun datar dan bangun ruang.
- (Matematika 4.10 )
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciricirinya
- ( SBDP 4.4) Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan.
- (SBDP 3.4) Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
- (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional.
Tujuan Pembelajaran 1 - 3 :
1. Siswa dapat menentukan bangun ruang berdasarkan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut secara benar.
2. Siswa dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
3. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami secara tepat.
4. Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
5. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah secara benar.
6. Siswa dapat menjelaskan prosedur bergerak secara kuat dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhanadan atau tradisional secara benar.
7. Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
8. Siswa dapat mengidentifikasi bahan buatan dan alat untuk membuat karya hiasan secara tepat.
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Alhamdulillah dipertemuan sebelumnya ananda Sholeh Sholehah sudah mempelajari materi tentang polusi udara, kubus dan balok bangun ruang, plastisin, manfaat kebersamaan dan menjaga kesehatan badan. Hari ini ananda sholeh sholehah akan melanjutkan materi tentang melestarikan hutan, contoh bangun ruang, menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan.
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
Pembelajaran 1
Pembelajaran 2
Pembelajaran 3
✓ Materi Ajar
Tempat umum merupakan milik bersama. Tempat umum di antaranya jalan raya, pasar, terminal, dan tempat wisata. Kebersihan tempat umum wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar pengunjung merasa nyaman.
Kelas Dayu melakukan karya wisata. Mereka berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Petugas memberikan penjelasan kepada Dayu dan teman-teman.
Ayo Membaca! Bacalah teks berikut dengan nyaring!
Hutan Merupakan Paru - Paru Dunia
Kelestarian hutan wajib dijaga. Hutan tidak boleh dibakar, ditebang, ataupun dirusak. Jika hutan rusak, berbahaya bagi kehidupan manusia. Lingkungan bisa banjir. Banjir akan membuat lingkungan menjadi kotor. Lingkungan yang kotor akan membawa penyakit.
Hutan banyak manfaatnya bagi kehidupan. Dengan hutan yang asri, kita dapat menghirup udara segar. Lingkungan juga akan menjadi indah. Di hutan terdapat banyak pohon. Pohon yang banyak membuat lingkungan sejuk. Lingkungan menjadi nyaman dan sehat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa hutan merupakan paruparu dunia.
Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas?
Jawaban: Informasi tentang kelestarian hutan wajib yang harus dijaga supaya lingkungan tidak rusak, tetap sejuk, nyaman dan sehat.
Banyak daun kering berjatuhan di Kebun Raya Bogor. Daun-daun kering itu selalu dibersihkan setiap hari. Daun kering dapat dibuat menjadi hiasan.
Perhatikan gambar berikut!
Dayu dan teman-teman membuat hiasan berupa vas bunga. Vas bunga berbentuk balok. Balok merupakan contoh bangun ruang. Bangun ruang mempunyai rusuk, sisi, dan titik sudut. Masih ingatkah kamu dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada balok?
Dayu dan warga sekitar melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan jalan raya. Ada yang membenahi taman. Ada yang menyapu jalan. Ada juga yang membersihkan dan memperbaiki selokan. Warga di lingkungan Dayu hidup rukun.
Ayo Membaca! Bacalah teks di bawah ini dengan nyaring!
Kebersihan dan Keindahan Jalan Raya Wajib Kita Jaga
Kebersihan jalan raya harus dijaga. Sampahsampah harus dibuang ke tempatnya. Di pinggir jalan raya hendaknya disediakan tempat sampah. Saluran air juga harus dibersihkan dan dirawat. Hal ini berguna untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir.
Keindahan jalan raya juga harus diperhatikan. Jalan raya hendaknya dihiasi dengan taman. Taman ditanami berbagai jenis bunga. Jalan raya akan terlihat indah. Tanaman juga berguna untuk menyerap karbon dioksida. Dengan demikian, udara di jalan raya akan bersih. Pengguna jalan raya akan nyaman dan sehat.
Apa isi teks yang telah kamu baca?
Jawab: Teks diatas berisi mengenai kebersihan dan keindahan jalan raya yang harus dijaga agar pengguna nyaman dan sehat.
Tahukah kamu bagaimana jalan raya yang bersih dan sehat? Jawab: Jalan raya yang bersih dan sehat adalah jalan raya yang tida dipenuhi sampah, saluran air terawat, udaranya bersih dan mempunyai tanaman yang beragam.
Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar di atas ? Jika ada yang membuang sampah di jalan raya, apa yang akan kamu lakukan?
Jawaban: Informasi mengenai jalan raya yang nyaman dan bersih. Yang akan saya lakukan yaitu menasehati orang tersebut dan membuang sampah pada tempatnya.
Mendorong gerobak dan memikul beban menggunakan kekuatan otot. Masih ingatkah kamu bagaimana cara melatih kekuatan otot? Kita dapat melatih kekuatan otot melalui permainan.
Ayo Mencoba!
Tahukah kamu bagaimana cara melakukanpermainan menggendong teman?
Cari teman berpasangan yang seimbang!
Apabila sudah mendapatkan pasangan yang seimbang, berdirilah di belakang garis!
Apabila mendengar aba-aba peluit ke-1 dari guru, gendonglah pasanganmu!
Apabila mendengar aba-aba peluit ke-2, berjalanlah ke depan menuju garis batas dan baliklah menuju garis awal!
Lakukanlah lomba menggendong teman dengan cara bergiliran!
Pasangan yang pertama menuju batas dan balik ke garis awal, adalah pasangan yang menjadi juara.
Lakukanlah permainan menggendong teman dengan pasanganmu! Lakukan dengan hati-hati dan percaya diri!
Dayu dan teman-teman bermain menggendong teman. Mereka bermain dengan rukun dan kompak.
Sikap itu menunjukkan kebersamaan dalam berolahraga. Tahukah kamu contoh olahraga lain yang
membutuhkan kerja sama yang baik? Coba diskusikan dengan temanmu contoh olahraga lain yang membutuhkan kerja sama yang baik!
Dayu dan ibu berbelanja ke pasar. Dayu senang menikmati suasana pasar. Namun, Dayu prihatin dengan kebersihan pasar. Pasar terlihat kotor dan becek.
Dayu dan warga sekitar melakukan kerja bakti. Mereka membersihkan jalan raya. Ada yang membenahi taman. Ada yang menyapu jalan. Ada juga yang membersihkan dan memperbaiki selokan. Warga di lingkungan Dayu hidup rukun.
Ayo Berlatih!
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa isi percakapan Dayu dan ibu?
2. Mengapa terjadi penumpukan sampah dan barang bekas di pasar?
3. Jika ada orang yang membuang sampah sembarangan di pasar, apa yang akan kamu lakukan?
4. Apa yang akan kamu lakukan jika melihat sampah berserakan di pasar?
5. Apa yang akan terjadi jika pasar jarang dibersihkan?
Jawaban:
1. Penumpukkan sampah dan barang bekas di pasar.
2. Karena banyak pengguna pasar yang kurang memperhatikan kebersihan dan membuang sampah sembarangan.
3. Menasehatinya dan membuang sampah pada tempatnya.
4. Membersihkan dan membuang sampah tersebut pada tempatnya.
5. Sampah akan menumpuk, pasar menjadi kotor dan bau.
Ayo Berdiskusi!
Isilah teka-teki silang berikut dengan benar!
Mendatar:
1. Ternoda dan kotor.
Menurun:
2.Berasa sangat geli pada kulit.
3.Berasa tidak nyaman di tubuh karena sesuatu misalnya: demam, flu, dan sebagainya.
Jawaban:
Ayo Membaca! Bacalah teks di bawah ini dengan nyaring!
Pasar yang Kotor Menjadi Sarang Penyakit
Pasar yang kotor akan menjadi sarang penyakit. Sampah yang dibiarkan berserakan membuat lingkungan kumuh. Ketika hujan turun, tanah akan berlumpur dan becek. Jika lumpur mengenai kulit, sampah akan mengakibatkan gatal-gatal.
Pasar yang kotor tentu ada penyebabnya. Pasar kotor karena kurangnya kesadaran pengguna pasar menjaga kebersihan. Pedagang dan pembeli banyak yang membuang sampah sembarangan. Sudah seharusnya kita peduli kebersihan lingkungan. Hidup bersih itu sehat.
Apa isi teks yang telah kamu baca?
Jawab: Teks diatas berisi tentang pasar yang kotor menjadi sarang penyakit. Seharusnya lingkungan pasar dijaga supaya penggunanya dapat hidup bersih dan sehat.
✓ Evaluasi
- Sikap apa yang harus kamu miliki agar terwujud kerja sama yang baik ketika berolahraga?
Dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi sebelumnya di pembelajaran yang ke 4 - 6 disimpulkan bahwa peserta didik kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 1 peserta didik yang tidak hadir dikarenakan ijin keperluan keluarga.
✓ Penutup
Sekian untuk materi pembelajaran kali ini, jika masih ada materi yang belum mengerti boleh ditanyakan kembali ke Bu Upik atau pak Hendri dan pertemuan berikutnya kita akan masuk materi pembelajaran ke 4 - 6.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar