Hari/Tanggal : Kamis, 16 November 2023
Kelas : 2 A
Sekolah : SD Al Azhar 3 Bandar Lampung
Tema ( 4 ) : Hidup Bersih dan Sehat
Subtema ( 2 ) : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 1 - 3
Kompetensi Dasar :
- PPKN (2.4)
Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
- (Bahasa Indonesia 4.4)
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
- (Matematika 3.10)
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri- cirinya.
Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri- cirinya.
- (SBDP 3.3)
Memahami gerak keseharian dalam tari.
Memahami gerak keseharian dalam tari.
- (PJOK 3.4)
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan
Memahami prosedur bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat dalam rangka pengembangan
Tujuan Pembelajaran 1 - 3 :
1. Siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
2. Siswa dapat melakukan gerak bagian tangan dengan iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul dan sebagainya) secara tepat.
3. Siswa dapat mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
4. Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar
5. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
6. Siswa dapat mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
4. Siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan sehat dengan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar
5. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman di sekolah dengan benar.
6. Siswa dapat mempraktikkan gerak secara seimbang dominan statis dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
7. Siswa dapat mengidentifikasi koordinasi gerak dengan benar.
✓ Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning ananda sholeh sholehah 🤗
How are you today ?
May we all always be given health and strength to study.
Alhamdulillah dipertemuan sebelumnya ananda Sholeh Sholehah sudah mempelajari materi tentang bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah, cara menjaga kesehatan lingkungan, bangun datar dan bangun ruang, bergerak secara seimbang, lentur, dan kuat. Hari ini ananda sholeh sholehah
akan melanjutkan materi tentang
Before we start the lesson, let all of the pious and sholehah children perform the dhuha then muroja'ah short letters juz 30 ok son...
Let's look at the following learning material 👇👇👇
✓ Learning Videos
Pembelajaran 1
Pembelajaran 2
Pembelajaran 3
Materi Ajar
Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah. Kita juga harus hidup bersih dan sehat di sekolah.
Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah. Dayu dan teman-teman menyadari hal itu.
Dayu dan teman-teman sedang bermusyawarah. Mereka membahas persiapan lomba kebersihan antar kelas. Dayu dan teman-teman sedang bermusyawarah. Mereka membahas persiapan lomba kebersihan antar kelas.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!
Ayo Membaca!
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang sesuai!
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang sesuai!
Kelasku Bersih, Aku Bangga!
Sekolah Dayu akan mengadakan lomba kebersihan antarkelas. Dayu dan teman-teman bertekad untuk menang dalam lomba tersebut. Mereka mulai berbenah. Semua siswa ikut ambil bagian. Dayu dan teman-teman sepakat untuk mengadakan gotongroyong.
Dayu dan teman-teman mulai yang bergotongroyong. Bagian pertama yang dibersihkan adalah ruang kelas. Semua siswa berbagi tugas. Ada yang menyapu lantai, membersihkan kaca jendela, membersihkan papan tulis, dan menata ruang kelas. Semua siswa ikhlas mengerjakan tugas masing-masing.
Kelas Dayu menjadi bersih dan rapi. Lantai, jendela, dan dinding tidak ada yang berdebu. Semua perabotan kelas pun tertata dengan baik. Ada juga hiasan dinding terpajang di dinding. Dayu dan temanteman bangga punya ruang kelas yang bersih. Kelas yang bersih membuat siswa sehat.
Temukanlah makna kata-kata berikut dengan benar!
Dayu dan teman-teman telah bergotong-royong. Ada yang menyapu lantai. Ada yang membersihkan
kaca. Ada juga yang menata kelas. Gerakan menyapu lantai dapat dibuat dalam bentuk tari.
kaca. Ada juga yang menata kelas. Gerakan menyapu lantai dapat dibuat dalam bentuk tari.
Ayo Mengamati!
Kelas Dayu adalah kelas yang bersih. Sudah tahukah kamu ciri-ciri kelas yang bersih?
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Kelas Dayu adalah kelas yang bersih. Sudah tahukah kamu ciri-ciri kelas yang bersih?
Amatilah gambar di bawah dengan teliti!
Bagaimana suasana kelas yang kamu amati? Apakah kamu mengerti isi gambar?
Jawab: Suasananya bersih dan tertata rapi. Isi gambar tersebut merupakan kelas yang bersih dan tertata rapi.
Jawab: Suasananya bersih dan tertata rapi. Isi gambar tersebut merupakan kelas yang bersih dan tertata rapi.
Kelas Bersih dan Menyehatkan
Kelas bersih dan menyehatkan adalah kelas yang tidak ada sampah berserakan. Ruangan kelas selalu dibersihkan. Lantai disapu, kaca jendela dibersihkan, dan papan yang penuh coretan juga dihapus. Lantai, jendela, dan dinding tidak ada yang berdebu.
Coba bacakan laporan yang telah kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Dayu dan teman-teman telah bergotong-royong. Ada yang menyapu lantai. Ada yang membersihkan
kaca. Ada juga yang menata kelas. Gerakan menyapu lantai dapat dibuat dalam bentuk tari.
Ayo Mengamati!
Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di atas! Dinding gendang membentuk pola segitiga. Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.
Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di atas! Dinding gendang membentuk pola segitiga. Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.
Halaman Kelas yang Bersih
Halaman kelasku bersih. Di halaman kelas tidak ada sampah berserakan. Semua siswa selalu membuang sampah ke tempat sampah. Didepan kelas disediakan keran air untuk mencuci tangan. Sebelum masuk kelas, semua siswa diwajibkan mencuci tangan. Di depan kelas juga ada taman bunga yang bersih. Rumput yang mengganggu selalu dibersihkan. Pot bunga juga tersusun rapi. Halaman kelasku kini terlihat indah. Halaman kelas yang bersih baik dijadikan tempat berolahraga. Misalnya saja senam dan latihan keseimbangan. Olahraga baik untuk kesehatan. Siapa yang rajin berolahraga akan terhindar dari berbagai bentuk penyakit. Kita harus membudayakan hidup bersih dan sehat.
Ayo Mengamati
Dayu dan teman-teman bergotong-royong. Bergotong-royong mencerminkan sikap hidup dalam kebersamaan. Kebersamaan merupakan wujud dari persatuan. Sikap Dayu dan teman-teman pantas ditiru. Mereka juga menunjukkan sikap kebersamaan dalam kegiatan lain.
Dayu dan teman-teman melakukan kegiatan bersama dalam berolahraga. Mereka melatih keseimbangan posisi telentang, miring, dan telungkup
Posisi Telentang, cara melakukan :
Posisi Telentang, cara melakukan :
1. Mula-mula telentang dengan posisi badan lurus.
2. Kepala dan pinggang ditekuk ke depan.
3. Tahan beberapa saat semampunya.
Posisi Miring, Cara melakukan :
2. Kepala dan pinggang ditekuk ke depan.
3. Tahan beberapa saat semampunya.
Posisi Miring, Cara melakukan :
1. Mula-mula berbaring miring dengan kedua kaki lurus).
2. Salah satu kaki diangkat.
3. Tahan beberapa saat semampunya.
4. Salah satu kaki ditekuk ke belakang.
5. Tahan beberapa saat semampunya.
Posisi Telungkap, cara melakukan :
2. Salah satu kaki diangkat.
3. Tahan beberapa saat semampunya.
4. Salah satu kaki ditekuk ke belakang.
5. Tahan beberapa saat semampunya.
Posisi Telungkap, cara melakukan :
1. Mula-mula telungkup dengan kedua kaki lurus dan kepala menghadap ke bawah.
2. Salah satu kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya.
3. Kedua kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya.
2. Salah satu kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya.
3. Kedua kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya.
Dayu dan teman-teman belajar tentang ruang kelas yang tidak bersih.
Ayo Berlatih!
Jawablah pertanyaan berikut dari teks percakapan!
1. Apa isi percakapan guru, Dayu, dan temanteman?
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang tidak bersih?
3. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
4. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat kelas kotor?
5. Bagaimana sikapmu jika melihat teman membuang sampah di ruang kelas?
Jawaban :
1. Isi percakapan diatas membicarakan tentang Kelas yang tidak bersih.
2. Ciri-cirinya terdapat banyak sampah yang berserakan.
3. Setuju, untuk membersihkan kelas yag kotor.
4. Saya akan Membersihkannya.
5. Saya akan menegurnya agar ia menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
1. Apa isi percakapan guru, Dayu, dan temanteman?
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang tidak bersih?
3. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
4. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat kelas kotor?
5. Bagaimana sikapmu jika melihat teman membuang sampah di ruang kelas?
Jawaban :
1. Isi percakapan diatas membicarakan tentang Kelas yang tidak bersih.
2. Ciri-cirinya terdapat banyak sampah yang berserakan.
3. Setuju, untuk membersihkan kelas yag kotor.
4. Saya akan Membersihkannya.
5. Saya akan menegurnya agar ia menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
Ayo Mencoba!
Sebelumnya kamu sudah melakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.
Sekarang, lakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari dengan hitungan. Misalnya saja 2 x delapan selang-seling dengan arah yang berbeda.
Jika sudah bisa, iringi kembali dengan alat musik. Misalnya saja gendang, rebana, tamborin, atau tifa. Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu. Misalnya saja botol plastik bekas.
Sebelumnya kamu sudah melakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.
Sekarang, lakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari dengan hitungan. Misalnya saja 2 x delapan selang-seling dengan arah yang berbeda.
Jika sudah bisa, iringi kembali dengan alat musik. Misalnya saja gendang, rebana, tamborin, atau tifa. Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu. Misalnya saja botol plastik bekas.
Ayo Mengamati!
Coba amati kembali gambar alat musik tifa. Permukaan dinding tifa membentuk pola bangun datar berbentuk segitiga dan segi empat.
Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar. Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain? Amati gambar di bawah dengan teliti!
Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar. Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain? Amati gambar di bawah dengan teliti!
Berapa banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar di atas?
✓ Evaluasi
1. Menjaga kebersihan di sekolah merupakan kewajiban dari ….
a. Murid saja
b. Guru saja
c. Semua warga sekolah
a. Murid saja
b. Guru saja
c. Semua warga sekolah
2
Jumlah sisi dari bangun di atas adalah ….
a. 3
b. 4
c. 5
a. 3
b. 4
c. 5
3.
Bangun di atas yang jumlah sisinya ada 3 adalah bangun warna ….
a. Merah muda
b. Hijau
c. Kuning
a. Merah muda
b. Hijau
c. Kuning
4.
Bangun di atas yang jumlah titik sudutnya ada 6 adalah bangun warna ….
a. Merah
b. Biru
c. Kuning
Bangun di atas yang jumlah titik sudutnya ada 6 adalah bangun warna ….
a. Merah
b. Biru
c. Kuning
5.
Bangun di atas yang jumlah sudutnya ada 4 yaitu bangun ….
a. Warna kuning saja
b. Warna kuning dan biru
c. Warna biru dan coklat
a. Warna kuning saja
b. Warna kuning dan biru
c. Warna biru dan coklat
6. Jika lingkungan sekolah bersih maka kegiatan belajar bisa menjadi lebih ….
a. Ramai
b. Nyaman
c. Cepat
a. Ramai
b. Nyaman
c. Cepat
7. Cara menjaga kebersihan di sekolah dapat dilakukan dengan cara ….
a. Piket kebersihan
b. Belajar bersama
c. Lomba berhitung
a. Piket kebersihan
b. Belajar bersama
c. Lomba berhitung
8. Contoh sikap membina persatuan di sekolah adalah ….
a. Sering berkata kasar
b. Mau saling memaafkan
c. Pilih-pilih teman
a. Sering berkata kasar
b. Mau saling memaafkan
c. Pilih-pilih teman
9. Bergotong-royong ketika kerja bakti sekolah termasuk bentuk ….
a. Kebersamaan
b. Perpecahan
c. Kekayaan
a. Kebersamaan
b. Perpecahan
c. Kekayaan
10. Menjaga persatuan di kelas adalah kewajiban dari ….
a. Murid laki-laki saja
b. Murid perempuan saja
c. Semua siswa
a. Murid laki-laki saja
b. Murid perempuan saja
c. Semua siswa
✓ Kesimpulan
Dari
materi pembelajaran yang sudah dipelajari anak sholeh sholehah materi
sebelumnya di pembelajaran yang ke 4 - 6 disimpulkan bahwa peserta didik
kelas 2 A berjumlah 21 anak ada 4 peserta didik yang tidak hadir
dikarenakan ijin keperluan keluarga dan sakit.
✓ Penutup
Sekian untuk materi pembelajaran kali ini, jika masih ada materi yang belum mengerti boleh ditanyakan kembali ke Bu Upik atau pak Hendri dan pertemuan berikutnya kita akan masuk materi pembelajaran ke 4 - 6.
Tetap semangat ananda sholeh sholehah Bu Upik dan pak Hendri 🤗
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
0 Reviews:
Posting Komentar