TEMA 6 : Panas dan Perpindahannya
SUB TEMA 1 : Suhu dan Kalor
PEMBELAJARAN 3 : Bahasa Indonesia KD 3.3 PKN (3.2), dan IPS (3.2)
1. Sapaan
Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
2. Apersepsi
Alhamdulillah kita kemarin sudah belajar tentang teks perbedaan suhu dan panas , nah hari ini kita akan membahas materi tentang perbendaan suhu dan panas....
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
3. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membuat kesimpulan dari bacaan “Manusia dengan Lingkungan Alam”, siswa mampu menyajikan ringkasan teks penjelasan secara benar.
2. Dengan melakukan kegiatan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya secara benar.
3. Dengan kegiatan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan makna hak sebagai siswa dan warga negara secara benar.
4. Materi Ajar
Bahasa Indonesia
Perhatikanlah gambar di atas! Buku merupakan salah satu media cetak yang menjadi sumber informasi yang paling sering digunakan masyarakat hingga saat ini. Perhatikan kembali gambar pada buku di atas. Tahukah kamu bahwa matahari adalah sumber energi yang tidak pernah habis dan diperlukan oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi, termasuk masyarakat Indonesia? Manusia dan lingkungan sekitar memerlukan sumber energi panas untuk kelangsungan hidupnya.
IPS
Matahari adalah sumber kehidupan yang memungkinkan lingkungan manusia berjalan sebagaimana mestinya. Lingkungan manusia terdiri atas lingkungan alam dan juga lingkungan masyarakat. Lingkungan masyarakat tempat kita tinggal dipengaruhi oleh kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya.
Perhatikan gambar dibawah ini adalah contoh kegiatan interaksi manusia dengan lingkungan alam.
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua. Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam. Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya. Salah satu cara manusia untuk menyesuaikan diri dengan alam, adalah dengan mempelajari peristiwa alam yang ada di lingkungannya.
PKN
Konvensi Hak Anak, merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang secara resmi memberikan hak-hak kepada anak-anak sedunia. Hak anak dikelompokkan dalam 4 golongan, yaitu:
1. Hak Kelangsungan hidup
2. Hak Perlindungan
3. Hak Tumbuh Kembang
4. Hak Berpartisipasi
Hak- hak sesorang siswa
Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Setiap anak yang menjadi warga negara berhak atas kesempatan untuk mengikuti pendidikan.
Menurut Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 1990, yang dimaksud dengan hak-hak siswa adalah hak untuk:
1. mendapat perlakuan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya;
2. memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya;
3. mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah dibakukan;
4. mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku;
5. pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak dimasuki;
6. memperoleh penilaian hasil belajarnya;
7. menyelesaikan program pendidikan lebih awal dari waktu yang ditentukan;
8. mendapat pelayanan khusus bilamana menyandang cacat.
5. Evaluasi / Latihan Soal
1. sebutkan contoh kegiatan interaksi dengan lingkungan alam ?
2. Sebutkan 3 hak seorang siswa di sekolah
6. Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga soleh soleha sudah memahami materi interaksi dengan lingkungan alam, macam-macam hak anak dan hak siswa dan jangan lupa melaksnakan shalat 5 waktu ya nak
Wassalamualaikum.wr.wb.
Wassalamualaikum.wr.wb.
0 Reviews:
Posting Komentar