Hari /tanggal : Rabu, 28 September 2022
Tema 3 : Makanan Sehat
Subtema 3 : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat
Pembelajaran : 4
Muatan pelajaran: Bahasa Indonesia, IPA
Fokus Pembelajaran : PPKn (KD 3.3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4)
Kompetensi Dasar (KD) :
Bahasa Indonesia
(3.4 Menganalisis informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik )
(4.4 Memeragakan kembali informasi yang disampaikan paparan iklan dari media cetak atau elektronik dengan bantuan lisan, tulis, dan visual)
PPKN (3.3 Keragaman di Indonesia)
(4.3 Menghargai dan menghormati keberagaman suku dan agama)
1. Sapaan
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 🤗
Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Ya Robbalamin
jangan lupa untuk mengerjakan sholat dhuha dan murojaah ya nak...
2. Apersepsi
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita sudah membahas materi Pembangunan sosial budaya di Indonesia dan hari ini kita akan belajar macam-macam keragaman yang ada di Indonesia, dan Hal hal yang dibutuhkan dalam Pembuatan Iklan
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya..
Keragaman di Indonesia
Indonesia adalah negara dengan sejuta keberagaman. Keberagaman yang ada telah menjadi simbol persatuan dan dikemas dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar tetap utuh dan harmonis.
Namun, belakangan ini Indonesia kerap mengalami krisis toleransi. Perbedaan yang ada justru menimbulkan perpecahan. Padahal, perbedaan itu sendirilah yang seharusnya membuat Indonesia menjadi indah karena lebih “berwarna”.
Sebagai warga negara yang baik, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan menganut paham toleransi. Jangan sampai Indonesia terpecah-belah akibat isu-isu negatif. Ingat kata pepatah, “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.”
Bentuk keberagaman di Indonesia
Indonesia adalah negara yang kaya, baik dari segi sumber daya alam maupun keberagamannya. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, mulai dari keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras, dan juga keberagaman anggota golongan.
Keberagaman suku
Indonesia adalah negara kepulauan. Dari geografis yang berbeda-beda tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali suku. Suku bangsa atau yang disebut juga etnik dapat diartikan sebagai pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan. Selain itu, kelompok suku bangsa ditandai dengan adanya kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku atau ciri-ciri biologis yang dimiliki.
Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku, lebih tepatnya 1.340 suku bangsa.
Keberagaman agama
Indonesia adalah negara yang religius. Hal itu dibuktikan dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Kebebasan dalam beragama dijamin dalam UUD 1945 pasal 29 yang menyatakan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
Di Indonesia sendiri, ada enam agama yang diakui oleh negara. Agama-agama yang diakui oleh negara adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan juga Konghucu. Keenam agama harus hidup berdampingan di masyarakat dengan prinsip toleransi antarumat beragama.
Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4)
Hal hal yang dibutuhkan dalam Pembuatan Iklan
Informasi mengenai keunggulan produk pada iklan merupakan salah satu poin utama yang harus diperhatikan. Karena melalui informasi tersebut, calon konsumen tahu di mana letak keunikan dan perbedaan produk Anda dibanding produk serupa.
Agar efektif, gunakan kalimat singkat tetapi menarik. Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk membuat kalimat call to actionyang menarik atau narasi copy writing yang tepat. Bahkan kalau perlu, gunakan frasa atautagline yang unik.
Misalnya untuk promosi produk bedak bayi, selain keunggulannya Anda juga bisa menambahkan kalimat yang menarik seperti: “Selembut kasih Ibu” atau “Bedak bayi halal pertama di Indonesia.”
Jadi begitu melihat iklan produk tersebut, konsumen tertarik untuk melihat atau bahkan membeli barang yang Anda jual. Tidak heran jika strategi membuat iklan semacam ini sering sekali digunakan oleh banyak orang.
Unsur unsur dari sebuah iklan adalah :
Ø Judul
Ø Sub Judul
Ø Isi
Ø Visual yang menarik
0 Reviews:
Posting Komentar