Tema 2 : Udara Bersih Bagi Kesehatan
Sub tema 3 : Memelihara Kesehatan Organ Pernapasan Manusia
Pembelajaran : 4
Muatan pelajaran:
ISBDP KD. 3.3 dan 4.3
PPKn KD. 3.2 dan 4.2
Hari /tanggal : 07 September 2022
1. Sapaan
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...
2. Apersepsi
adakah yang masih ingat materi yang kemarin? ..... iya betul kemarin kita sudah membahas materi tentang tentang cara pengolahan limbah sampah , nah sekarang kita akan belajar terkait kegiatan ekonomi pada pembelajaran 4
lets start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak vidio pembelajaran dibawah ini ya..
Tujuan pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengetahui tanggung jawab terhadap sampah di lingkungan sekitarnya
2. Peserta didik dapat mengetahui cara mengetahui informasi pada teks dengan cara menandai
4. Materi Ajar
IPS (KD 3.3)
Menghargai Kegiatan Ekonomi Orang lain
Kegiatan ekonomi pada gambar mulai dari produksi yang dilakukan produsen yaitu kayu di hutan, menebang kayu, kayu gelondongan, pengrajin kayu, distribusi yang dilakukan distributor yaitu menjual barang-barang kayu di toko mebel, konsumsi yang dilakukan konsumen yaitu barang-barang di toko mebel dibeli oleh pembeli.
Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa hasilkan. Kebutuhan tersebut biasanya bisa kita peroleh dari kegiatan ekonomi. Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan. Keterlibatan orang lain dalam kegiatan ekonomi dapat kita temukan dalam tahap produksi, distribusi, dan konsumsi. Kita harus menghargai peranan setiap individu, mulai dari yang melakukan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
Cara Menghargai Usaha Orang lain
Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda setiap kegiatan usaha ekonomi harus kita hargai.
Cara menghargai usaha ekonomi orang lain :
ü Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
ü Tidak merendahkan usaha orang lain.
ü Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
ü Meneladami keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Bahasa Indonesia (KD 3.2)
Menandai Informasi pada Teks yang Dibaca
Agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kita dapat menandai kata kunci yang kita temukan di dalam setiap paragraf. Kata kunci tersebut dapat berupa ide pokok dan akan menjadi pengingat kita saat kita menjawab soal-soal yang diberikan.
Langkah-langkah menandai informasi dari teks :
ü Bacalah teks dengan seksama.
ü Berilah tanda informasi-informasi penting pada teks. Kamu juga dapat menandai ide pokoknya.
ü Kamu juga dapat membuat daftar pertanyaan beserta jawabannya terkait dengan teks.
ü Informasi yang sudah diperoleh dapat ditulis pada kertas terpisah yang nantinya akan diceritakan kepada orang lain.
Menceritakan Kembali Isi teks
Sebuah teks mengandung informasi. Informasi tersebut dapat ditemukan secara tersurat atau tersirat. Informasi tersurat artinya informasi tersebut secara jelas dalam teks yang dibaca. Informasi tersirat artinya informasi yang tidak tertulis langsung dalam teks. Jadi, kita perlu membuat kesimpulan sendiri berdasarkan teks yang dibaca tersebut.
Kita dapat menceritakan kembali isi teks dengan bahasa kita sendiri dengan memperhatikan langkah-langkah berikut :
ü Bacalah teks dengan seksama
ü Buatlah daftar pertanyaan berdasarkan teks
ü Bacalah teks dengan seksama
ü Buatlah daftar pertanyaan berdasarkan teks
ü Merangkai kembali jawaban-jawaban menjadi paragraf yang lebih singkat.
0 Reviews:
Posting Komentar