Hari/Tanggal : Selasa, 11 Januari 2022
Kelas : 3
Tema : 5 (CUACA)
Subtema : 2 (Perubahan Cuaca)
Pembelajaran : 3
Alat peraga : Video dan Gambar
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan dan menuliskan pentingnya sikap bersatu dalam keberagaman dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
2. Peserta didik dapat mengidentifikasi informasi yang berkaitan dengan pengaruh perubahan cuaca
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Anak sholeh sholehah kemarin kita sudah belajar tema 5 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2, hari ini kita masuk ke pembelajaran 3, kita akan mempelajari gerakan dasar tari lagu burung kutilang dan pecahan
Sebelumnya miss ingatkan lagi untuk solat duha dan murojaah agar hafalannya semakin lancar...
Pembelajaran 3
Sejak pagi hingga siang hari, hujan turun. Sore ini hujan telah reda, cuaca terlihat mendung. Dayu, Lani, Beni, Edo, dan Udin pergi ke rumah Siti. Mereka akan belajar bersama. Mereka membawa payung. Bersiap sedia jika sewaktu-waktu hujan turun kembali.Siti telah menunggu kedatangan teman-temannya. Siti menyuguhkan dua kotak kue rasa cokelat dan vanila.
Bacalah percakapan Siti dan teman-teman berikut!
Sekarang bandingkan potongan kue tersebut. Manakah yang lebih besar? Manakah yang lebih kecil? Berilah tanda “>” (lebih besar dari) atau “<” (lebih kecil dari) di tempat yang telah tersedia.
Siti memotong setiap 12 bagian kue cokelat tadi. Setiap potongan kue cokelat menjadi 2 bagian yang sama besar. Kuenya menjadi 4 bagian sama besar seperti berikut.
Mari kita amati sekali lagi.Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat
dan kue vanila berikut. Perhatikan lambang bilangan pecahan beserta potongan kue cokelat dan kue vanila berikut.
Lambang bilangan pecahan di atas memiliki pembilang yang sama, yaitu 1. Namun, bilangan penyebutnya berbeda-beda.Jadi untuk pecahan dengan angka pembilang sama:“Makin besar angka penyebutnya, makin kecil nilai pecahan tersebut.
Artikel berita di koran akan dibawa ke sekolah sebagai tugas per kelompok. Siti sekelompok dengan Lani dan Dayu. Udin sekelompok dengan Beni dan Edo. Setiap kelompok diminta membawa 2 buah artikel. Siti, Lani, dan Dayu sudah menemukan artikel berita yang pertama. Mereka diminta mencari kata atau istilah khusus tentang perubahan cuaca.Kata khusus adalah kata yang menjelaskan kata umum. Misalnya “hijau” adalah kata khusus dari “warna”. Istilah khusus adalah istilah yang menjelaskan tema tertentu. Misalnya “cuaca ekstrem” adalah istilah khusus dari tema perubahan cuaca.
Dampak Perubahan Cuaca
Akhir-akhir ini cuaca seakan-akan tak menentu. Suhu udara pada siang hari terasa sangat panas. Namun, pada malam hari, suhu udara terasa dingin. Keesokan harinya, hujan pun turun.Perubahan cuaca yang sangat cepat disebut cuaca ekstrem. Cuaca ini dapat mengakibatkan tubuh mudah terserang penyakit.
Penyakit yang biasa muncul pada cuaca ekstrem, antara lain
.1. Flu. Jika kondisi tubuh lemah atau kurang sehat, orang dapat terserang flu.
2. Mimisan. Jika udara terlalu panas, orang akan mudah mimisan.
3. Sesak napas. Suhu udara yang berubah cepat dapat menyebabkan sesak napas.Penyakit-penyakit seperti ini dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Berikut cara-cara agar terhindar dari peyakit akibat cuaca yang ekstrem.
1. Menjaga Kebugaran TubuhBerolahraga yang cukup dapat menjaga kebugaran tubuh.
2. Hindari Kontak Langsung Sinar MatahariGunakan pakaian lengan panjang. Hal ini agar kulit terlindung dari sinar matahari langsung.
3. Gunakan Masker di sekitar kita banyak debu. Sebaiknya, kita menggunakan masker. Khususnya pengendara roda dua.Nah, untuk itu kita harus selalu waspada. Macam-macam penyakit dapat muncul kar
SBdP
Masih ingatkah kamu dengan Tari Burung Kutilang yang sudah dipelajari sebelumnya? Ikuti petunjuk berikut untuk berlatih Tarian Burung Kutilang.
Buka halaman 83 tematik TEMA 5
1. Gerakan ini sesuai bait pertama teks lagu Burung Kutilang
Di pucuk pohon cemara
Burung Kutilang berbunyi
Bersiul-siul sepanjang hari
Dengan tak jemu-jemu
2. Gerakan ini sesuai bait kedua teks lagu Burung Kutilang.
Mengangguk-angguk
Sambil berseru Trilili..lili..lili..lili
Gerakan menganggukkan kepala
3.Gerakan ini sesuai bait ketiga teks lagu Burung Kutilang.
Sambil berlompat-lompatan
Paruhnya selalu terbuka
Digeleng-gelengkan kepalanya
Menentang langit biru”
Kepala menoleh ke kiri, ke tengah, dan kanan secara bergantian. Ulangi sebanyak 8 hitungan sesuai irama lagi.
4.Gerakan ini mengulangi gerakan nomor 2. Gerakan ini sesuai bait 4 teks lagu Burung Kutilang.
Tandanya suka
Dia berseru Trilili..lili..lili..lili”
Gerakan menganggukkan kepala
0 Reviews:
Posting Komentar