Kelas : 3 C
Tema 2 : Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
Sub Tema 2 : Manfaat Hewan Bagi Kehidupan Manusia
Pembelajaran : 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar dengan tepat.
2. Siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan tepat.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Apa kabar anak sholeh sholehah ? Semoga anak sholeh sholehah dan keluarganya selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan dhuha.
Setelah dhuha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya 🤗
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Hari ini ananda akan belajar Matematika masih tentang operasi hitung campuran pecahan dan tematik, tema 2 subtema 2 pembelajaran 6. Adapun Materi pembelajaran hari ini meliputi Bahasa Indonesia dan MTK.
Bahasa Indonesia 3.8
Hari ini Beni ingin bercerita tentang dongeng yang pernah dibacanya. Beni terkenal pandai bercerita di antara temantemannya. Ia bercerita tentang Kuda dan Keledai. Kuda dan Keledai adalah hewan yang digunakan untuk mengangkut beban. Juga sering digunakan untuk alat transportasi. Apakah kalian ingin tahu ceritanya?
Simak video Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban berikut ini !
Susunlah kata-kata di bawah ini sehingga menjadi sebuah pesan moral yang terdapat pada dongeng di tempat yang tersedia!
Ayo Berkreasi
Buatlah cerita bergambar berdasarkan dongeng Kuda dan Keledai yang Sarat dengan Beban
Beni dan Edo pulang sekolah bersama-sama. Di jalan, mereka menemukan seekor kucing yang jatuh ke selokan. Beni menolong kucing tersebut dan membawanya pulang ke rumah. Edo tidak mau membawa kucing tersebut. Ia geli pada bulu kucing.
Setiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda. Dalam satu keluarga pun memiliki sifat yang berbeda-beda. Begitu pula dengan sifat orang dalam satu lingkungan tetangga.
Di lingkungan sekitar rumahmu ada banyak tetangga. Setiap tetangga memiliki sifatnya masing-masing. Tulislah nama orang yang berada di lingkungan tetanggamu yang memiliki sifat-sifat di bawah ini.
Tulislah orang yang memiliki sifat-sifat berikut ini!
Ayo Bermain Peran
Peragakanlah sifat dari salah seorang tetanggamu dengan gerakan pantomim! Teman-temanmu akan menebak sifat yang kamu peragakan di depan kelas.
Ayo Berlatih
Saat liburan Beni dan sepupu-sepupunya menginap di rumah nenek. Nenek memiliki banyak binatang peliharaan. Bebek, ayam, dan kambing ada di kandang belakang rumah.
Penduduk desa tempat tinggal nenek, banyak yang memiliki hewan ternak. Beni dan sepupu-sepupunya senang berjalan-jalan di sekitar desa. Mereka melihat banyak binatang ternak. Mereka sudah mengunjungi peternakan sapi, domba, dan bebek.
Setelah berkunjung ke berbagai peternakan, Beni memiliki beberapa masalah. Ia belum bisa memecahkan masalah-masalah tersebut. Bantu Beni menyelesaikan permasalahannya, yuk!
1. a. Di sebuah peternakan terdapat 6 kandang domba. Jika di setiap kandang terdapat 10 ekor domba, berapa jumlah domba dalam kandang?
6 x 10 = 60
b. Tiap kandang sesak dengan domba karena luas kandang tidak besar. Pemilik kandang berniat membuat kandang domba lagi. Sehingga jumlah kandang domba ada 10. Berapa isi domba di tiap kandang? 6
c. 6 x 10 = 10 x 6
2. a. Di peternakan sapi terdapat 9 kandang. Tiap kandang berisi 8 sapi, berapa jumlah sapi di peternakan tersebut?
9 x 8 = 72
b. Ternyata 1 kandang sapi rusak. Kandang sapi yang bisa digunakan tinggal 8. Berapa jumlah sapi dalam tiap kandang? 9
c. 9 x 8 = 8 x 9
3. a. Paman Beni beternak burung merpati. Ia memiliki 10 kandang burung. Paman Beni menempatkan 8 ekor burung pada tiap kandang. Berapa jumlah burung merpati yang dimiliki paman Beni?
10 x 8 -= 80
b. Dua kandang rusak sehingga burung merpati ditempatkan pada kandang-kandang yang lain. Berapa jumlah burung merpati di tiap kandang sekarang? 10
c. 10 x 8 = 8 x 10
4. a. Nenek Udin bisa membuat telur asin. Hari ini telur asinnya sudah jadi. Ia ingin membagikannya kepada semua cucunya. Cucu nenek Udin ada 6. Jika tiap cucu mendapat 4 telur asin, berapa jumlah telur asin yang dibagikan?
6 x 4 = 24
b. Ada 2 cucu nenek tidak suka telur asin. Nenek membagikan telur asin mereka sama banyak kepada cucu-cucu yang lain. Berapa telur asin yang didapat tiap cucu nenek yang suka telur asin? 6
c. 6 x 4 = 4 x 6
Hari ini kita akan mengambil penilaian harian tema 2 subtema 2
Silahkan klik link dibawah ini :
Selamat mengerjakan
Apabila ada pertanyaan bisa langsung bertanya ke pak Hendri.
Tetap semangat anak sholeh sholehah. Semoga pembelajaran hari ini lancar dan dapat diterima dengan baik.
Wassalamuaikum wr wb
0 Reviews:
Posting Komentar