- siswa dapat menentukan sikap terhadap teman sekolah yang berbeda agama.
- siswa dapat menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam dongeng.
- siswa mampu menyajikan pecahan yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
- siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dengan bahan alami.
- Tema : gagasan atau ide utama dari cerita dongeng
- Latar : keterangan suasana waktu dan ruang terjadinya suatu peristiwa
- Alur : peristiwa yang terjadi pada dongeng
- Tokoh : pelaku yang ada pada dongeng
- Penokohan : penampilan dan watak dari tiap tokoh yang ada di dalam cerita
- Amanat : pesan moral yang ingin disampaikan pada pembaca atau pendenga
1. Dongeng Binatang (Fabel)
Fabel adalah dongeng yang tokohnya diperankan oleh binatang, dengan berperilaku layaknya manusia. Dalam dongeng fabel biasanya cerita perbuatan baik dan buruk, yang menggambarkan watak dan budi pekerti manusia. Contoh dongeng fabel: Si Kancil, Buaya yang Serakah, Persahabatan Kelinci dan Monyet.
2. Dongeng Biasa
Dongeng biasa adalah dongeng yang bisanya menceritakan suka duka, dan impian seseorang. Contoh dongeng biasa: Cinderella, Ande-ande Lumut, Bawang Putih dan Bawang Merah.
3. Lelucon (Jenaka)
Dongeng lelucon akan berisi cerita lucu dari tokoh-tokohnya. Contoh dongeng jenaka: Si Kabaya (Jawa Barat), Pan Balang Tamak (Bali), Singa Rewa (Kalimantan).
4. Legenda
Dongeng legenda merupakan cerita yang berhubungan dengan asal usul atau sejarah darisuatu tempat. Contoh dongeng legenda: Danau Toba, Candi Prambanan, dan Tangkuban Perahu.
5. Mite
Mite atau dikenal juga mitos dalah dongeng yang isinya berhubungan dengan kepercayaan dan hal-hal gaib yang dipercaya oleh masyarakat tertentu.
Contoh dongeng mite: Roro Jongrang, dan Nyi Roro Kidul.
6. Sage
Sage adalah dongeng yang menceritakan mengenai sejarah dengan campuran fantasi dari masyarakat. Contoh dongeng sage: Si Pitung, Panji, dan Lutung Kasarung.
7. Parabel
Dongeng yang isinya mengandung nilai-nilai keagamaan, moral, hingga pendidikan untuk pandangan hidup. Contoh dongeng parabel: Kisah Malin Kundang, dan Hikayat Bayan Budiman.
1. Nama diri
2. Kekerabatan (ibu, bapak, kakak, paman, bibi, dan lain-lain)
3. Kata nama (nyonya, tuan, sayang, dan lain-lain)
4. Kata nama pelaku (hadirin, penonton, peserta, dan lain-lain)
5. Gelar kepangkatan, profesi atau jabatan (dokter, profesor, dan lain-lain)
1. Nilai moral :
· Masalah tidak dapat diselesaikan dengan perklahian.
· Rakus akan harta hanya boleh jika dilakukan dengan usaha yang benar dan tidak melanggar peraturan-peraturan yang berlaku.
2. Nilai agama :
· Mengingkari janji membawa dampak buruk bagi diri sendiri .
· Berada pada jalan kebaikan akan berdampak baik bagi diri yang melakukannya.
Pesan moral cerita dongeng semut dan belalang
Pesan moral yang bisa didapat dari dongeng ini adalah jangan meremehkan kerja keras orang lain, jangan bermalas-malasan dan pandai-pandailah menabung. Semoga pesan moral dari cerita ini dapat tersampaikan kepada Si Kecil dengan baik ya, Bunda.
Karakteristik individu adalah ciri yang terdapat dalam diri setiap individu. Ciri tersebut dapat mencakup ciri fisik maupun sifat. Adapun contoh karakteristik dari sifat adalah ramah, pemarah, penyabar, dan lain sebagainya.
1. Mengajarkan sikap toleransi
2. Mengajarkan untuk selalu menghargai perbedaan
3. Mengajak untuk mengenal dan memahami budaya lain
4. Belajar bersosialisasi
5. Memupuk rasa saling menghormati
6. Mewujudkan Persatuan dan kesatuan
1) Kepercayaan atau iman
2) Praktik agama.
3) Umat.
4) Pengalaman keagamaan
5) Simbol.
Permainan ini merupakan salah satu bentuk permainan pengenalan air secara tidak sadar menggunakan alat. Permainan ini berjenis permainan kompetitif atau perlombaan. Permainan ini juga sangat sederhana karena permainan ini tidak membutuhkan banyak alat. Sehingga walaupun adanya keterbatasan alat permainan ini tidak mengalami kendala. Alat yang digunakan hanyalah bola (boleh bola kasti, bola karet, bola sepak, dan lain-lain).
Alat-yang dibutuhkan:
- Kolam renang
- Tiga buah bola
1. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok
2. Siswa akan melakukan perlombaan estafet dengan cara melempar dan menangkap bola
3. Lintasan estafet hanya lurus 2 baris dengan posisi zig-zag, estafet pertama dilakukan dari anak paling ujung.
5. Kelompok siswa yang paling cepat melempar dan menangkap bola dari ujung awal dan akhir adalah pemenang.
Proses pembuatan patung :
1. Siapkan tanah liat atau plastisin.
2. Siapkan alat bantu dan air.
3. Siapkan meja putar (jika ada).
4. Siapkan gambar rancangan patung.
5. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi sedikit.
6. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.
7. Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa dikurangi.
8. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.
Kita harus memiliki sifat mulia, saling tolong, dan saling sapa agar tidak dijauhi teman dan banyak teman. janganlah sesekali memusuhi kawanmu, apalagi sampai mengasut teman mu yg lainnya. Pesan moral yang bisa didapat dari dongeng ini adalah jangan meremehkan kerja keras orang lain, jangan bermalas-malasan dan pandai-pandailah menabung. Semoga pesan moral dari cerita ini dapat tersampaikan kepada Si Kecil dengan baik ya, Bunda.
1) Kepercayaan atau iman
2) Praktik agama.
3) Umat.
4) Pengalaman keagamaan
5) Simbol.
Bermain Bola Estafet di Air merupakan salah satu bentuk permainan pengenalan air secara tidak sadar menggunakan alat. Permainan ini berjenis permainan kompetitif atau perlombaan. Permainan ini juga sangat sederhana karena permainan ini tidak membutuhkan banyak alat. Sehingga walaupun adanya keterbatasan alat permainan ini tidak mengalami kendala. Alat yang digunakan hanyalah bola (boleh bola kasti, bola karet, bola sepak, dan lain-lain).
Karya imajinatif adalah karya khayalan. Karya imajinatif dua dimensi adalah karya seni dua ukuran, yaitu panjang dan lebar. Karya imajinatif dua dimensi hanya dapat dilihat dari satu arah yaitu dari arah depan.
✓ Penutup
Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami sserta selalu mengerjakan sholat 5 waktu dan jangan lupa terus murojaah juz 30. Jangan lupa untuk pembelajaran besok 30 April 2024 kita akan mempelajari Tema 7 Subtema 4 Pembelajaran 1.
Jangan lupa untuk selalu melaksanakan sholat wajib maupun sunnah serta muroja'ah nya
And selalu menjaga kesehatan nya 😉
0 Reviews:
Posting Komentar