Lights Of Heaven - AppStarting

Tema 5 Subtema 2 Kelas 5 (Senin, 07 November 2022)


Tema 5                  : Ekosistem

Subtema 2            : Hubungan Antar Makhluk

                                Hidup Dalam Ekosistem

Pembelajaran      : 1 dan 2

Mata Pelajaran    : Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP



Tujuan Pembelajaran :


1. Setelah mencermati teks nonfiksi yang dibagikan pada blogger, peserta didik dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam teks bacaan dengan tepat.


2. Melalui video gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menjelaskan rantai makanan yang terdapat dalam suatu ekosistem secara baik dan benar.


3. Melalui menyimak video youtube tentang properti tari daerah, peserta didik mampu mencari informasi tambahan mengenai tarian daerah lain di Nusantara ya


  1. Sapaan 




Hello, how are you my lovely student?
semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Yarobbalamin 
jangan lupa untuk mengerjakan solat duha dan murojaah ya nak...

2. Apersepsi 
Alhamdulillah pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari subtema 1 di Minggu ini kita akan belajar materi di subtema 2 masih seputar ekosistem. 

Let's start our lesson today
Sebelumnya silahkan simak video pembelajaran dibawah ini ya..




Bahasa Indonesia

Mengembangkan Ide Pokok menjadi Kalimat Utama

Setiap teks mempunyai gagasan dasar dalam pembuatannya. Gagasan dasar yang terkandung dalam teks disebut juga ide pokok. Ide pokok biasanya terdapat pada setiap paragraf dalam teks yang disajikan. Ide pokok berisi gagasan dasar mengenai suatu hal atau kejadian yang ingin disampaikan pembuat teks.ide pokok tersebut dijadikan dasar dalam pembuatan teks, termasuk pada teks non fiksi.

Untuk mengembangkan ide pokok dari teks yang disajikan, lakukan hal-hal berikut :
1. Membaca teks non fiksi dengan saksama.
2. Menentukan ide pokok dari teks non fiksi.
3. Membuat kalimat baru yang berisi ide pokok tersebut menggunakan bahasa sendiri.
4. Menggunakan diksi dan ejaan yang tepat saat mengembangkan ide pokok menjadi kalimat-kalimat utama.

Ayo kita baca!

Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Menurut beberapa penelitian, dalam tubuh bellang terdapat berbagai jenis kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin, asam lemak esensial, dan mineral. Seekor belalang mengandung kurang lebih 20-40 persen protein serta 25-30 persen vitamin A dalam tubuhnya. Selain itu, pada kulit belalang juga terdapat zat kotisan seperti pada udang. Semua nutrisi tersebut sangat bermnfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia.


Setelah kalian membaca teks non fiksi di atas, sekarang kita dapat mengetahui kalimat utama dalam teks tersebut yaitu pada kalimat pertama: 

“Meskipun sering dianggap sebagia hewan penggangu, belalang ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia” 

Dari kalimat itu baru ide pokok dapat ditentukan yaitu

“Belalang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.” 

Untuk mengembangkan ide pokok menjadi kalimat utama, kalian bisa membuat sebuah kalimat baru yang berisi ide pokok. Pastikan kalimatmu berbeda dengan kalimat ada teks non fiksi yang asli. 
Misalnya: 
“Belalang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.”

IPA 

RANTAI MAKANAN

Rantai makanan adalah rangkaian peristiwa makan dan dimakan antar mahluk hidup untuk kelangsungan hidupnya.

Setiap mahluk hidup dalam rantai makanan mempunyai peran masing-masing.

Secara umum terdapat tiga peran mahluk hidup dalam rantaimakanan, yaitu sebagai berikut:

1. Produsen
· Produsen adalah mahluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Contohnya: rumput, padi, jagung, dan semua tumbuhan hijau.

· Produsen mampu mengubah energi dari energi cahaya matahari menjadi energi kimia.

2. Konsumen
· Konsumen adalah mahluk hidup yang tidak dapat membuat makannya sendiri sehingga mendapatkan energi dari mahluk hidup lain. Contoh konsumen adalah hewan.

· Di dalam rantai makanan, konsumen dapat dikelompokan menjadi:

a. Konsumen tingkat I, yaitu kelompok hewan yang memakan tumbuhan (produsen). Konsumen tingkat I merupakan hewan herbivora.

Contoh: rusa, kelinci, belalang.

b. Konsumen tingkat II, yaitu kelompok hewan yang memakan hewan lain (konsumen I). Konsumen II merupakan kelompok hewan karnivora atau omnivor. Contoh: katak, ular, tikus, dan ayam

c. Konsumen puncak, yaitu kelompok hewan karnivor yang tidak ada pemangsanya.

Contohnya : singa , elang, harimau

3. Pengurai

Pengurai adalah mahluk hidup yang mengurai sisa-sisa tubuh mahluk hidup lain yang telah mati. Pengurai tersebut menghasilkan zat-zat kimia dan nutrisi yang dibutuhkan produsen.

Contoh pengurai : cacing tanah, jamur, dan bakteri

Untuk  lebih  memahami  Rantai makanan, perhatikan gambar rantai makanan di bawah ini:

 

                   

 

 

Gambar di atas menunjukan rantai makanan pada ekosistem sawah.  Rantai  makanan   tersebut dimulai   dari   padi. Tanaman padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular di makan elang, dan elang mati tubuh elang akan diuraikan oleh pengurai seperti jamur untuk dijadikan nutrisi bagi tumbuhan.

 

BAHAN AJAR SBDP

Tari Tradisional Caping Nganca





Tari Tradisional Caping Ngancak yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur menceritakan tentang kehidupan petani. Tari ini menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi. Seperti  petani  sebenarnya,  para  penari  juga mengenakan caping. Caping merupakan penutup kepala yang biasa dikenakan petani saat bekerja di sawah. Caping berbentuk kerucut terbuat dari anyaman bambu.


TARI ALANG BABEGA





Tari Alang Babega dari Minangkabau, Sumatera Barat, merupakan sebuah tarian khas daerah yang menggambarkan burung elang yang melayanglayang di udara. Burung

Elang ini mengepakkan sayapnya, mencari mangsa, kemudian menukik dan menyambar mangsa tersebut.

 

Setiap tarian daerah memerlukan perlengkapan (properti) yang dikenakan penari pada saat menarikannya. Properti tari bisa jadi berbeda antara satu tarian dengan tarian yang lain. Properti yang digunakan menjadi ciri khas tersendiri tarian tersebut. Bahkan, beberapa properti tari dijadikan sebagai nama bagi tarian tersebut. Misal payung yang digunakan dalam Tari Payung atau caping yang digunakan dalam Tari Caping Ngancak.


SOAL LATIHAN :

1. Tari yang menggambarkan para petani yang sedang bekerja mulai dari menanam, merawat, hingga memanen padi disebut …

2. Mengapa dalam sebuah teks bacaan pembaca harus mengetahui pokok pikiran?

3. Apa yang dimaksud dengan kalimat utama?

4. Jelaskan mengenai rantai makanan berdasarkan gambar berikut!

5. Apa fungsi pengurai bagi tanah? 


Terimakasih anak Sholeh/Sholeha serta Bunda2 yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha. Tetap semangat dan jaga kesehatan


Wassalamualaikum.wr.wb

0 Reviews:

Posting Komentar