Tema : 1 (Organ Gerak Hewan Dan Manusia)
Subtema : 1 ( Organ Gerak Hewan)
Pembelajaran 4 : IPS, Bahasa Indonesia, PKN
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
Kompetensi Dasar ( KD) dan Tujuan Pembelajaran :
KD PKN
KD IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negarkepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
KD Bahasa Indonesia
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar peta, siswa dapat mengidentifikasi kondisi
geografis pulau-pulau di Indonesia secara tepat.
2. Dengan eskplorasi, siswa dapat mengidentifikasi perilaku-perilaku yang
sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila-sila Pancasila
secara benar.
3. Dengan membaca, siswa menemukan contoh perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai luhur dalam sila-sila pancasila yaitu gotong royong secara
benar.
5. Dengan membaca, siswa dapat menemukan ide pokok bacaan secara
tepat.
Ringkasan Materi
Bahasa Indonesia (KD 3. 1)
Ide Pokok
Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf atau inti suatu bacaan baik dalam bentuk paragraf atau wacana. Istilah lain dari ide pokok antara lain gagasan utama, gagasan pokok, pokok pikiran, pokok masalah, pikiran utama, inti paragraf, inti masalah, masalah utama dan lain-lain.Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf. Dalam satu paragraf hanya ada satu ide pokok.
Beberapa ciri dari ide pokok antara lain sebagai berikut :
1. Berupa pikiran utama atau gagasan utama dari sebuah paragraf.
2. Mengandung inti persoalan yang sedang dibahas dalam paragraf tersebut.
3. Letak ide pokok di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), awal dan akhir paragraf (deduktif-induktif/campuran).
4. Dinyatakan secara eksplisit dalam kalimat utama atau kalimat topic
5. Ide pokok dituangkan dalam satu kalimat dan kalimat tersebut disebut juga kalimat utama.
6. Biasanya kalimat utama dapat diidentifikasi dengan mudah melalui kata kunci kalimat utama tersebut.. Kata kunci yang menunjukkan kalimat utama antara lain: sebagai kesimpulan…, dengan demikian…, yang penting…, intinya…, jadi…, .dan lain-lain.
PKN (3.1)
Dari Teks Bacaan yang ada di buku Tema halaman 37, yang memuat bahwa kegiatan "Gotong Royong" merupakan kegiatan yang mengamalakan sila dalam pancasila yaitu sila yang ke tiga. Prinsip- prinsip gotong royong sangat bermanfaat bagi pelaksanaan pembangunan nasional. karena semua masyarakat merasa memiliki dan memiliki tujuan bersama yaitu terwujudnya kehidupan yang sejahtera.
Pembelajaran 5 ( IPA, Bahasa Indonesia dan SBdP)
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrataInvertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.
Perhatikan Contoh Hewan Vertebrata dan Avebrata berikut ini!
Amatilah organ gerak siput berikut.
No | Nama Hewan | Nama Organ Gerak | Fungsinya |
1 | Belalang | Kaki dan sayap | Kaki untuk melompat dan sayap berfungsi untuk terbang |
2 | Cacing | Seluruh tubuh | Otot -otot pada tubuh cacing berfungsi untuk berpindah tempat |
3 | Ubur-Ubur | Tentakel | Tentakel berfungsi untuk bergerak ke tempat lain dan melindungi diri dari serangan musuh |
BAHASA INDONESIA
Mengembangkan Ide Pokok
Seperti yang di jelaskan pada pembelajaran sebelumnya, ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. Ide pokok teks menjadi dalsar dalam pengembangan paragraf atau teks.
Untuk membuat sebuah paragraf berdasarkan ide pokok, ada beberapa langkah yang perlu di lakukan. Langkah langkah tersebut, antara lain sebagai berikut :
Menentukan topik dari paragraf yang akan di buat.
2. Menentukan ide pokok dari paragraf atau teks yang akan di buat.
3. Membuar sebuah kalimat yang berisi ide pokok tersebut. Kalimat tersebut akan menjadi kalimat utama dari paragraph yang akan di buat.
4. Mengembangkan kalimat dan ide pokok tersebut menjadi beberapa kalimat.
5. Menulis beberapa kalimat yang berisi informasi informasi tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah di buat.
6. Menyusun kalimat kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu.
0 Reviews:
Posting Komentar