Lights Of Heaven - AppStarting

Tema 4 Subtema 4 PB 5


Hari/Tanggal : Kamis, 17 November 2021

Kelas : 3

Tema 4 : Kewajiban dan Hakku

Sub Tema 4 : Kewajiban dan hakku sebagai warga negara

Pembelajaran : 5

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat memahami materi tentang Hak dan kewajiban 


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Good morning anak sholeh sholehah pak guru, jangan lupa untuk selalu semangat, mengerjakan muroja'ah dan sholat 5 waktu ya...

kemarin kita sudah belajar tema 4 subtema 4 , hari ini kita masuk ke tema 4 subtema 4 pembelajaran 5, di pembelajaran kemarin ananda sudah mempelajari kewajiban dan hak sebagai anggota masyarakat,hari ini kita akan mempelajari tentang hak dan kewajiban dalam beragama dan membuat karya topi sederhana dari bahan bekas

Mari kita pelajari pembelajaran hari ini,☺☺☺

Ayo anak pak guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan ibu guru, Kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri atas puluhan etnis, budaya, suku, dan agama. Membutuhkan sikap yang memungkinkan terciptanya masyarakat damai dan rukun. Dipungkiri atau tidak, perbedaan yang ada sangat beresiko pada kesamaan konflik. Terutama dipacu oleh pihak-pihak yang menginginkan kekacauan di masyarakat.

Perbedaan atau kebhinekaan Nusantara tidaklah diciptakan dalam satu waktu saja. Proses perjalanan manusia di muka bumi Indonesia dengan wilayah yang luas menciptakan keberagaman suku dan etnis manusia. Maka lahir pula sekian puluh kepercayaan dan agama nan berkembang di setiap suku-suku di Indonesia.

Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut ini dengan cermat!


Apa yang kamu lihat pada gambar ?

Apa kue kesukaanmu?

Bagaimana kue itu dibungkus?

Siswa berbagi pengalaman tentang jajanan kesukaannya. Diharapkan setiap siswa mengetahui

jajanan kesukaan teman-teman sekelasnya.


Ayo Membaca

Perayaan Hari Besar Agama

Setiap orang wajib menjalankan ajaran agamanya. Udin dan kawan-kawannya selalu taat menjalankan ajaran agamanya. Setiap sore Udin mengaji di masjid. Hari itu ada perayaan Maulid Nabi. Ibu menyiapkan kue untuk dibawa Udin ke masjid. Edo dan Beni kebetulan sedang bermain di rumah Udin. Mereka membantu Udin dan Ibunya menyiapkan kue.

Merayakan hari besar agama adalah hak setiap warga negara. Udin merayakan Maulid. Beni dan Edo merayakan Natal. Dayu merayakan hari Nyepi. Lani merayakan hari Waisak. Meli merayakan hari Imlek. Kita wajib menghormati perbedaan.

Indonesia memiliki banyak perbedaan. Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati. Sikap saling menghargai dan menghormati membuat kita rukun.

Amati kembali teks ‘Perayaan Hari Besar Agama’! Temukan kalimat saran dan jelaskan maksudnya!

Kalimat Saran :

Kita berbeda suku, agama, dan kebiasaan. Semua orang harus saling menghargai dan menghormati.

Semua orang harus saling menghargai dan menghormati perbedaan suku, agama, dan kebiasaan. Karena jika kita tidak mau menghargai dan menghormati maka akan terjadi perselisihan dan perpecahan antar suku dan agama.


Ayo Mencoba

Udin memiliki teman-teman yang berbeda agama. Udin rukun dengan mereka. Udin wajib menghargai agama teman-temannya. Apa yang harus Udin lakukan agar dapat selalu hidup rukun.

1. Berteman dengan semua orang tanpa mebeda-bedakan agama.

2. Saling menghargai satu sama lain dalam melaksanakan ajaran agama.

3. Bekerjasama atau bergotong royong saat merayakan hari besar agama.

4. Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu


Ayo Menulis

Kamu sudah tahu kewajiban menghargai temanmu yang berbeda agama. Apakah kamu tahu hakmu

yang berkaitan dengan agama? Sebutkan lima hak berkaitan dengan agama! Tuliskan pada tempat yang tersedia!

1. Hak untuk menganut agama dan kepercayaannya masing-masing.

2. Hak untuk menjalankan ibadah menurut agamanya masing-masing.

3. Hak untuk mendapat perlakuan yang sama dari seluruh masyarakat dan pemerintah terlepas dari agama dan keyakinan yang dianut

4. Hak untuk mendirikan tempat ibadahnya masing-masing.

5. Hak untuk meyakini agama yang diyakini tanpa paksaan dari orang lain.


Lingkungan Hijau 

Dayu ke sekolah berjalan kaki. Jalan di dekat rumah Dayu dipenuhi pohon rindang. Udara terasa sejuk dan segar. Jalan di depan sekolah Dayu gersang. Tidak ada pohon besar yang hijau. Di siang hari udara terasa panas. Dayu menutupi kepalanya dengan buku saat pulang.

Dayu ingin jalan di dekat sekolahnya sejuk. Dayu berdiskusi dengan temantemannya. Mereka sepakat menanam pohon di sekitar sekolah. Mereka akan mengajak orang tua bekerja sama. Ibu Guru mendukung keputusan anak-anak.

Ayo Mencoba

Dayu menggunakan buku untuk menutupi kepalanya. Ia ingin memakai topi yang sederhana dan murah.

Bantulah Dayu membuat topi! Gunakan kertas koran bekas! Perhatikan urutannya!

Ayo Berlatih

Masih ingatkah kamu cara membuat topi? Sebutkan urutan membuat topi!

1. Ambil selembar kertas koran.

2. Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.

3. Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, lalu tekan membentuk segitiga.

4. Lipat kertas kedua sisi bagian bawah ke atas, lalu tekan.

5. Bukalah kertas perlahan, lalu rapikan.

Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!


TUGAS

Ayo Berkreasi

Membuat topi sederhana dari koran, karton atau kertas bekas

Agar anak soleh soleha mengerti cara pembuatan topi dari koran bekas, ananda bisa menyimak video pembuatan topi sederhana dari ibu dan bapak guru di bawah ini 


jangan lupa untuk like, komen dan subscribe, dan berikan isi nama dan kelas di kolom komentar sebagai absen hari ini, terimakasih...

Setelah membuat anak-anak dapat mengirimkan tugas di grup kelas masing-masing 

selamat berkreasi dan semoga berhasil .

3 komentar:

  1. nama hafidz al habsyi
    kelas 3c
    abse7 sd al azhar 3

    BalasHapus
  2. nama bilqis alya khalisa
    kelas3c
    absen 3
    sd al- azhar3

    BalasHapus
  3. Nama:M.iqbal Al Hafizh
    Kelas:3C
    SD AL AZHAR 3

    BalasHapus