بِسْÙ…ِ
اللَّÙ‡ِ الرَّØْÙ…َٰÙ†ِ الرَّØِيم
OPERASI DASAR
KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK DALAM SISTEM INFORMASI
A. Prosedur Baku Menghidupkan dan
Mematikan Komputer
Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang
harus di perhatikan , yaitu :
1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A.1 Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah
berikut:
1.
Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
2.
Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan
meryal.ankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer.
3.
Komputer yang berada pada suatu jaringan
biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum
memasuki Sistem.
A.2 Mematikan Komputer
Jika sistem operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan
komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih Tombol Start
pada taskbar
2. Tekan Tombol Turn
Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off compute , pada
kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
-Stand By,
Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power.
-Turn Off,
Pllihan digunakan untuk mematikan komputer.
-Restrat, Pilihan
ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi.
-Hibernate, dapat
ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini
digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu
menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk.
B. MACAM - MACAM PERANGKAT LUNAK
Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu
:
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Multimedia
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan program utama yang langsung
berinteraksi dengan bahasa yang di Kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin).
Contoh Sistem Operasi :
. Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98,
Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista, Windows NT (untuk
jaringan).
. Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake,
Mandriva,dll
. Produk Apple : Macintosh
. Produk IBM : DOS, UNIX
2. PROGRAM APLIKASI
Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan
tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah
sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.
3. BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk
membuat program komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
-Low Languange Program (Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah),
contohnya Assembly machine
-Middle Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat
Menengah), contohnya Bahasa C++
-High Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi),Contohnya
Pascal, Borland , Fotran
-4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4), contohnya Visual
Basic, Visual FOxpro
4.PROGRAM BANTU ( Utility )
Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk
mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker,
menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup, Disk Defragmenter,
dsb.
5. PROGRAM PAKET
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang
di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling
berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya
terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft
Excel), Untuk Program presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket
dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya:Microsoft Office dan
StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
6. PROGRAM MULTIMEDIA
Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan
musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau
televisi dan program lainnya.
Contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari
Internet
Perangkat Keras
Komputer (Output Device)
A.
Perangkat Keras dan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi
menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4 Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output
dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse. Process device
adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control
section). Output device terdiri dari monitor dan printer. Storage external
memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal
memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen
tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner card, Modem,
capture card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya
digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse, keyboard dan mouse
adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk
bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil
gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel,
dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan
menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. contohnya : punched
card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peraratan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
a.
a. Keyboard
a. Keyboard
Keyboard
dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY
, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY
memiliki empat bagian yaitu :
1.typewriter
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama
dengan tuts pada mesin tik yang terdiri
atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
. Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri
cursor
. Caps Lock
Bila tombol ini ditekan,maka lampu indikator caps lock akan
menyala,hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf
besar/kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi
kecil.
. Delete
tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi
cursor
. Esc
tombol ini berfungsi untuk membatarkan suatu perintah dari
suatu menu.
. End
tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir
baris/halaman/lembar kerja
. Enter
tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau
untuk melakukan suatu proses perintah.
. Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
. Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
. Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor I layar ke atas
. Page Down
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke
bawah
. Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke
kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini
terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka
tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka
tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi
ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari
program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol
akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol,
umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak
tombol ini terletak ditengah.
Drag ini akan mengakibatkan objek
akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan
tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
Gambar Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari Biasanya unit ini lipat
aiginakan sebagai penlganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki
sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris
per detik.
Gambar Light pen
e. Joy Stick dan Games paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanyiberbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk
meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori
komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto copy, perbedaannya adalah
mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar
terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban
komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer
adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan
umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari iampu sensor yang disetut
Optik, vang dapat mengenali jenis pensil 28. Scanner yang beredar di pasaran
adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi
dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy atau
menyalin objek dalam bentuk teks.
Gambar Scanner.
h. Kamera Digital
Kamera ini dinamakan
dengan Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik
dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar
dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan
alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak
memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar Kamera Digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
Gambar headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah,
yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (
touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh
( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan
kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil
0 Reviews:
Posting Komentar